Sukses

Ini Dia 10 Tempat Favorit di Labuan Bajo Komodo

Menpar Arief Yahya merekomendasi minimal 10 titik destinasi yang perlu Anda kunjungi selama di Labuan Bajo, apa saja? Ini dia.

Liputan6.com, Labuan Bajo Ada punya planning terbang ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT)? Tujuan utama pasti menyeberang ke Pulau Komodo, Pulau Rinca, Long Buaya, dan Loh Liang habitat asli binatang purba yang hanya hidup situ. Tapi sejatinya, ada banyak atraksi lain yang tidak kalah serunya, seperti Wae Rebo, tempat rumah tradisional yang berada di atas bukit.

Hanya saja, untuk anak-anak kecil, belum direkomendasi ke sana, karena harus menempuh perjalanan darat yang lumayan jauh, dan berjalan kaki. Menpar Arief Yahya merekomendasi minimal 10 titik destinasi yang perlu Anda kunjungi selama di Labuan Bajo, apa saja? Ini dia. 

1. Loh Liang, Pulau Komodo & Loh Buaya, Pulau Rinca

Loh Liang merupakan pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Komodo. Wisatawan dalam mengamati satwa komodo langsung di habitatnya bersama fauna lain seperti rusa, babi hutan, burung gosong, dan lainnya dalam hutan kanopi endemik Komodo. Adapun selain itu bisa juga dilakukan pengamatan burung, pendakian (Loh Liang - Gunung Ara), penjelajahan (Loh Liang - Loh Sebita). Dari Labuan Bajo menuju lokasi Loh Liang, wisatawan dapat menggunakan kapal atau speedboat dari Labuan Bajo. Wisatawan juga dapat mengunjungi lokasi ini dari Sape dengan menggunakan kapal atau dari Lombok dan Bali dengan menggunakan kapal wisata.

Loh Buaya merupakan pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Rinca. Wisatawan dapat menyaksikan hutan bakau, padang savana serta satwa liar misalnya komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar serta berbagai jenis burung. Sama seperti Loh Liang, aktivitas yang ditawarkan antara lain pengamatan satwa liar, penjelajahan (Loh Buaya - Wae Waso, Loh Buaya - Golo Kode), pengamatan kalong di Pulau Kalong (depan Kampung Rinca) dan pengamatan batu balok di kampung Rinca. Dari puncak bukit yang dikenal dengan Golo Kode, pengunjung dapat menyaksikan panorama dan bentang alam yang cukup fantastik karena keterwakilan berbagai tipe ekosistem dapat disaksikan dari tempat ini

2. Pulau Padar

Padar adalah Pulau ketiga terbesar di area Taman Nasional Komodo yang terletak diantara pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar memiliki pantai yang sangat indah dan merupakan salah satu jalur migrasi Pari Manta di kawasan. Dengan bentuk kontur yang eksotik, trekking di Pulau Padar cukup menantang. Di puncak, turis akan dimanjakan dengan pemandangan fenomenal panorama tiga pantai dengan warna berbeda, yaitu Pink, Putih, dan Hitam. Sebagai catatan, pada musim tenggara agak sulit untuk mengunjungi pulau itu,

3. Gili Laba

Salah satu view spot & trekking terkenal lainnya adalah Gili Laba, yang merupakan selat pertemuan dua pulau : Gili Laba Darat dan Gili Laba Laut. Tidak hanya menjadi titik penyelaman favorit, karena arus yang kencang, Gili Laba menawarkan pemandangan panorama yang indah baik saat sunrise maupun sunset

4. Pantai Pink, Pulau Komodo

Daya tarik utama pantai ini adalah hamparan pantai berpasir berwarna pink. Warna pink disebabkan oleh fragmen-fragmen karang merah yang bercampur dengan pasir putih. Pantai ini memiliki perairan dangkal yang indah dengan terumbu karang dan biota karang yang menawan. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh turis yang berkunjung adalah snorkeling, diving dan mandi matahari. Pantai ini dapat diakses memalui jalan setapak dari Loh Liang atau akses langsung dengan boat/kapal.

5.Taka Makassar, Manta Point

Taman Nasional Komodo sangat beruntung karena menjadi jalur migrasi berbagai biota laut, salah satunya Pari Manta. Terletak di perairan dekat Pulau Komodo, wisatawan menyelam atau snorkeling untuk melihat kumpulan ikan pari manta bermain-main di arus yang cukup kencang. Namun, pari manta hanya dapat dijumpai pada kondisi dan cuaca yang baik. Selain itu Taka Makassar juga memiliki area softcoral yang indah dan tidak jarang terlihat penyu disana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Tempat Favorit di Labuan Bajo Komodo

6. Pantai Pede

Pantai Pede terletak di Desa Gorontalo, berjarak lebih kurang 1 km dari Labuan Bajo dengan akses jalan beraspal yang kondisinya baik sehingga sangat musah dicapai dari Labuan Bajo. Pantai ini membentang di antara dua bukit yaitu Bukit Pramuka dan Bukit Gorontalo. Dengan pasir putih yang panjang dan pemandangan pulau-pulau kecil di depannya (Pulau Batu, Pulau Bajo, Pulau Seture), Pantai Pede menawarkan salah satu view sunset terbaik di Labuan Bajo.

7. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin terletak di Desa Batu Cermin, lebih kurang 3 km dari Kota Labuan Bajo. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua sepert sebuah cermin. Di dalam gua sepanjang sekitar 200 meter yang memiliki banyak lorong itu, dipenuhi dengan aneka rupa stalagtit dan stalagmit yang masih terpelihara dengan baik dan terbentuk sangat indah di dinding-dinding gua. Selain itu juga ditemukan fosil hewan laut menempel di sejumlah bagian gua seperti fosil terumbu karang, ikan dan penyu. Gua ini diteliti lebih lanjut oleh Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda yang juga seorang arkeolog, pada tahun 1951. Menurut Verhoven, gua ini selama ribuan tahun yang lalu berada di dasar laut.

8. Cunca Wulang & Cunca Rami

Masih dari aktivitas outdoor lainnya, Cunca Wulang dan Cunca Rami terletak sekitar 2 jam dari kota Labuan Bajo. Kedua destinasi ini menawarkan pengalaman trekking menyusuri hutan dan tebing menuju air terjun. Ketinggian Cunca Rami sekitar 30 M dan Cunca wulang sekitar 15 M, dimana diperbolehkan untuk berenang apabila kondisi alam memungkinkan.

9. Danau Sano Nggoang

Danau Sanonggoang merupakan Danau vulkanik terbesar di bagian timur Indonesia. Luas 513 ha dan kedalaman diperkirakan 500 meter. Puncak Golo Dewa adalah tempat terbaik untuk melihat pemandagan Danau Sano Nggoang dan sekitar nya. Daerah ini bisa dicapai 45 menit sampai 1 jam dari kampung Nunang. Selain itu, hutan di sebelah timur danau merupakan tempat hidup 90-an jenis burung dan 4 diantaranya adalah endemik flores. Di daerah ini juga sdh terdapat guest house dan juga homestay.

10. Puncak Gunung Mbeliling

Puncak Gunung Mbeliling merupakan salah satu puncak tertinggi di Labuan Bajo dengan ketinggian 1.250 meter dari permukaan laut. Area puncak merupakan area terbaik untuk melakukan aktivitas camping. Sedangkan tutupan hutan sepanjang jalur trekking masih baik dan merupakan tempat hidup bagi berbagai jenis burung dimana 2 diantaranya adalah endemik Flores (Gagak Flores dan Serindit). Selain itu, terdapat beberapa tanaman herbal yg biasa digunakan oleh Masyarakat dan juga terdapat titik pemujaan mengharapkan datangnya hujan pada masa dulu.

 

Selamat berwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini