Sukses

Berikut Cara Membuat Es Batu Paling Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cuaca kota besar, seperti Jakarta yang cenderung panas membuat rasa dahaga sering datang menghampiri Anda. Minuman dingin, seperti es teh manis atau es jeruk pastinya sangat menyegarkan tubuh di tengah terik matahari dan kemacetan lalu lintas. Salah satu bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat minuman dingin, sudah tentu adalah es batu. Namun, proses pembuatannya yang membutuhkan waktu lama membuat banyak orang berpikir untuk menggunakan air dingin dengan asumsi akan lebih cepat menjadi es batu.

Seperti dilansir dari Mic.com pada Minggu (22/5/2016), anggapan tersebut dibantah oleh adanya penelitian yang mengungkapkan perihal Mpemba Effect. Menurut penelitian yang dilakukan seorang murid dari Tanzania bernama Mpemba pada tahun 1963 ditemukan bahwa air panas lebih cepat membeku di bandingkan air dingin.

Oleh karena penelitian tersebut, nama penemuannya menggunakan nama Mpemba sendiri. Mpemba menjelaskan bahwa uap pada air panas membantu proses pembekuan karena volume air semakin padat oleh penguapan tersebut.

Walaupun menggunakan air panas lebih cepat membeku, tetapi tetap akan membutuhkan waktu untuk membeku. Sambil menunggu, Anda dapat menyiapkan minuman yang akan diberi es batu nantinya. Mulaikah untuk mengisi cetakan es Anda dengan air panas, masukkan ke dalam freezer, dan buktikan kecepatannya membeku. Selamat mencoba!

Loading