Sukses

Inilah Hutan-hutan Aneh yang Menjadi Destinasi Wisata

Berbeda dengan hutan kebanyakan, hutan-hutan ini punya daya tarik tersendiri yang mendorong banyak pelancong untuk datang.

Liputan6.com, Jakarta Catatan World Wide for Nature menunjukkan 31 persen hutan menutupi luas total daratan di dunia. Hutan-hutan tersebut telah menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Manusia juga banyak memanfaatkan hutan, dengan mengambil jutaan batang pohon dari berbagai jenis tumbuhan. Lebih dari itu, manusia juga menjadikan hutan sebagai salah satu destinasi wisata alam yang tidak mungkin dibuat tiruannya oleh manusia.

Banyak jenis hutan di muka bumi ini, mulai dari hutan hujan tropis yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, hingga hutan pinus di benua biru. Namun hutan-hutan yang berhasil didokumentasikan ini berbeda dengan hutan kebanyakan. Seperti diberitakan Weather, Senin (10/5/2016), berikut lima hutan teraneh yang pernah ada di dunia.

Hallerbos, Hutan Biru di Belgia

foto: weather

Setiap pertengahan April, Hallerbos, sebuah hutan kota Belgia mengeluarkan warna biru cerah dari bunga lonceng yang bermekaran. Hamparan bunga yang bertebaran hingga ratusan hektar ini menjadikan hutan ini layaknya hamparan karpet biru yang mahaluas. Menarik bagi banyak wisatawan yang datang ke Belgia, hutan ini menjadi salah satu destinasi wisata paling indah di kawasan kota Halle, Belgia. Ada beberapa jalur bagi para traveler untuk treking dan mengunjungi dataran tinggi tengah hutan yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Bottle Tree Ranch, Oro Grande, Amerika

foto: weather

Ini memang bukan hutan yang sesungguhnya. Namun para pelancong yang melewati kawasan Oro Grande tentu akan singgah di hutan botol yang menarik ini. Beragam warna botol menjadikan pohon-pohon ini lebih berwarna-warni. Tidak ada satwa liar di sini, tapi Anda akan kagum saat terjebak di dalam hutan botol terluas yang pernah ada di dunia ini.

Crooked Forest, Polandia

foto: weather

Inilah hutan seperti yang nampak dalam sebuah dongeng. Ratusan pohon pinus dengan batang misterius melengkung menempati kawasan bagian barat Pomerania, Polandia. Menurut yang tertulis di situs Daily Mail, pinus misterius ini mulai ditanam sejak 1930 dan dibiarkan tumbuh selama puluhan tahun. Tak terduga, pinus-pinus ini tumbuh dengan bentuk yang tidak wajar dan menjadi daya tarik banyak orang untuk datang.

Avenue of The Baobabs, Madagaskar

foto: weather

Dekat Kota Morondava di Madagaskar barat terdapat hutan aneh, yang banyak ditumbuhi pohon langka baobab yang megah. Baobab telah lama menjadi seperti perhiasan bagi kawasan hutan di Afrika. Wisatawan datang berduyun-duyun untuk menyaksikan pohon seperti yang ada dalam film animasi Madagascar. “Pohon terbali” begitulah orang-orang menyebutnya. Memiliki tinggi hingga 80 kaki, siapa yang sangka pohon ini ternyata telah berusia hingga 800 tahun. Yang lebih mencengangkan, ternyata hanya ada delapan spesies pohon baobab unik di dunia ini, dan enam di antaranya dapat ditemukan di Madagaskar.

Quiver Tree Forest, Namibia

foto: weather

Namibia telah lama menjadi “rumah” bagi banyak pohon langka di dunia. Quiver Tree Forest menjadi salah satu bagiannya, yang tumbuh sekitar 300 pohon dichotoma aloe, yang juga dikenal sebagai pohon bergetar. Seperti dikutip dari namibia.org, pohon ini tumbuh terutama di daratan berbatu dan lereng. Uniknya tanaman langka ini mampu menyimpan air di daun, batangnya yang berserat mampu membuatnya bertahan meski kawasan tersebut berada dalam musim kemarau yang panjang. Pohon langka ini hanya dapat ditemukan di sejumlah kecil hutan di Namibia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.