Sukses

Terbukti, Tanaman Hijau Dapat Membuat Anda lebih Bahagia

Ternyata sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman hijau dapat membuat seseorang lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman memiliki khasiat tidak hanya memberikan warna segar pada dekorasi rumah. Menurut sebuah studi, memiliki tanaman di dalam suatu ruangan dapat meningkatkan kesehatan, nilai ruangan, dan juga kepercayaan diri.

Dilansir dari Huffingtonpost.com, Selasa (19/4/2016), sebuah penelitian panjang selama 15 tahun menemukan, seorang wanita yang hidup di lingkungan yang kaya akan tanaman hijau memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan orang yang hidup di daerah yang memiliki sedikit tanaman.

Para wanita yang tinggal di lingkungan yang hijau memiliki kemungkinan 34 persen lebih sedikit meninggal karena penyakit pernapasan, dan 13 persen lebih sedikit memiliki kemungkinan meninggal karena kanker. Peneliti menyimpulkan, dibalik penyaringan udara yang alami terdapat pada tanaman, kehadiran mereka menambah pengaruh para manusia di sekitarnya untuk beraktivitas di luar dan bersosialisasi serta berolahraga, dua kebiasaan yang memiliki kontribusi penting untuk hidup sehat.

Studi lain menemukan, lingkungan hijau membuat rumah lebih atraktif. Sebuah studi di Philadephia mengatakan rumah dengan lahan hijau lebih banyak memiliki nilai jual dua persen lebih tinggi. Selain itu, sebuah penelitian tentang keterkaitan lingkungan hijau dan tindakan kriminal menyatakan, lingkungan rumah dengan lahan hijau mengurangi tingkat terjadinya kriminal dan juga kekerasan dengan pistol.

Memang, membuat lahan hijau di rumah membutuhkan perencanaan yang matang dan biaya yang tidak sedikit. Namun, Anda dapat memulai sedikit demi sedikit, seperti meletakkan pot kecil di meja kerja Anda. Sentuhan hijau pada ruangan kantor juga dapat mengurangi tekanan darah, tingkat stres serta kelelahan pada seseorang.

Warna hijau juga meningkatkan kreatifitas seseorang, jadi, menambahkan tanaman pada lingkungan kantor mampu meningkatkan kecermatan bekerja. Kehadiran sebuah tumbuhan juga diteliti dapat menambah tingkat kesehatan para pekerja, sehingga performa kerja tetap terjaga.  Jadi, tidak ada salahnya menambahkan tumbuhan hijau di tempat tinggal, dan juga di tempat kerja, untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini