Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

5 Akibat Mematikan Jika Anda Tak Rajin Gosok Gigi

Liputan6.com, Jakarta Himbauan bahwa Anda harus menggosok gigi tiap hari dan mengunjungi dokter gigi paling tidak sekali dalam setahun ternyata bukanlah tanpa alasan. Secara teknis, paling tidak Anda dihimbau untuk rajin menggunakan floss atau benang gigi dan kumur-kumur sebelum tidur untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat.

Selain mencegah gigi berlubang, menyikat gigi ternyata punya beragam manfaat lain yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Tanpa Anda sadari gigi merupakan salah satu pusat syaraf yang berpengaruh pada kesehatan manusia.

Seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com pada Minggu (16/4/2016), Liputan6.com merangkum beberapa masalah gangguan kesehatan yang bisa Anda alami jika tak rajin menggosok gigi.

1. StresSetiap orang berjuang untuk mengendalikan stres mereka baik oleh karena tekanan pekerjaan, sampai hubungan emosional yang melelahkan. Selain itu, penyebab lainnya stres adalah ketika kondisi kebersihan mulut Anda tak terjaga dengan baik yang secara tidak langsung berkontribusi pada peradangan. Ketika masalah kesehatan tersebut Anda alami, kondisi psikologis pun turut menganggu.

2. DiabetesJika Anda sehari saja tak menggosok gigi, beragam penyakit bisa menyerang Anda oleh karena bakteri dari mulut yang kering, salah satunya diabetes. Jika tidak sempat gosok gigi, paling tidak siapkan floss atau permen karet bebas gula untuk membersihkan molekul yang bisa berkontribusi memberikan masalah dalam pengaturan gula darah.

3. Masalah KognitifGigi merupakan salah satu pusat syaraf yang berhubungan langsung dengan otak. Sebuah studi menemukan bahwa penyakit gusi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga akan meningkatkan resiko penyakit Alzheimer dan masalah kognitif lainnya.

4. OsteoporosisMenjaga gigi dan lidah tetap bersih dan sehat sama saja dengan merawat kondisi tulang Anda untuk tetap kuat. Menurut National Institutes of Health, terlalu banyak bakteri antara pipi Anda dapat membuat jaringan ikat membusuk sehingga membuat gigi Anda jadi renggang. Selain itu, mulut yang tak sehat juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5. Penyakit JantungBakteri lebih banyak di mulut Anda dan dapat membuat pertumbuhan patogen jadi meningkat. Hal tersebut berpotensi terjadi penumpukan plak di arteri Anda. Jika plak arteri tersebut tak dibersihkan dari mulut, Anda beresiko terkena serangan jantung dan stroke.

 

Loading