Sukses

6 Langkah untuk Mengatasi Rasa Cemburu

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang mengatakan rasa cemburu dalam hubungan asmara adalah ekspresi rasa cinta seseorang pada pasangannya. Namun bagi beberapa orang, rasa cemburu menunjukkan kelemahan dan rasa tidak percaya diri. Ya, rasa cemburu adalah hal yang lumrah terjadi dalam suatu hubungan, namun tidak selalu mudah untuk diatasi.

Kecemburuan terjadi sebagai tanda takut kehilangan orang yang dicintai. Namun, rasa cemburu yang berlebihan tidak sehat untuk suatu hubungan dan dapat membuat seseorang merasa bahwa hubungan mereka sedang terancam. Tak ada yang merencanakan untuk mengalami rasa cemburu, namun jika hal itu terjadi, harus diatas dengan tepat agar tidak merusak hubungan yang baik-baik saja. Dilansir dari Lovepanky pada Kamis (7/4/2016), simak 6 langkah yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi rasa cemburu.

1. Dengarkan penjelasan pasangan Anda dengan seksama. Jika Anda merasa cemburu, bisa saja pasangan Anda sedang mencoba menyampaikan bahwa ia membutuhkan perhatian yang lebih dari Anda. Tunjukkanlah bahwa Anda peduli pada pasangan Anda dan coba membaca dan mengerti kebutuhannya.

2. Berkomunikasi dengan pasangan dan bersikap lebih pengertian adalah langkah yang dibutuhkan saat Anda merasa cemburu. Tak ada salahnya menyampaikan bahwa Anda cemburu, namun membalas rasa cemburu dengan mendiamkan pasangan tidak akan memberikan Anda solusi. Penting juga bagi Anda untuk mendengarkan apa yang pasangan Anda sampaikan.

3. Coba lebih peka membaca petunjuk dari pasangan. Mungkin ia sedang merasa kecewa atau sedih dan tidak bisa mengungkapkannya pada Anda. Berikan pasangan dukungan dengan pelukan dan ajak ia bicara. Sampaikan apa arti dirinya bagi Anda dan bersabarlah sampai ia bisa mengeluarkan isi hatinya. Hal ini akan mencegah terjadinya kesalahpahaman lain.

4. Coba untuk menempatkan diri Anda di tempat pasangan Anda. Cara ini juga penting untuk mengatasi rasa cemburu dan mencegahnya berkembang menjadi pertengkaran. Bayangkan diri Anda sebagai kekasih, apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada di posisi yang sama? Coba untuk memahami apa yang sedang pasangan Anda alami, mungkin ia hanya sedang bersikap baik pada orang lain.

5. Jika pasangan Anda merasa cemburu tanpa alasan, Anda harus meyakinkan pasangan Anda dan menenangkannya. Bisa saja ia sedang merasa tidak diperhatikan dan kesepian, dan sebaiknya Anda meminta maaf untuk membuatnya merasa lebih baik. Hal ini juga akan membuktikan pada pasangan bahwa Anda masih peduli pada hubungan Anda dan menyayanginya.

6. Ingat bahwa rasa cemburu tidak perlu dianggap sebagai pertanda buruk bagi hubungan Anda. Rasa cinta dan peduli yang tinggi dapat dengan mudah menimbulkan rasa cemburu, karena Anda tidak ingin pasangan Anda pergi dengan orang lain. Kecemburuan adalah bumbu seru bagi hubungan, namun jika tidak diatasi dengan tepat dapat menimbulkan rasa frustrasi.