Sukses

7 Film Romantis Ini Dibuat Berdasarkan Kisah Cinta Nyata

Liputan6.com, Jakarta Ada yang sering mengatakan: 'mencintailah seperti orang yang mencintai di sebuah film'. Padahal terkadang, kisah cinta yang terjadi di kehidupan nyata justru diperlukan oleh para pembuat film sebagai inspirasi.

Tak sedikit pasangan nyata yang dapat memberikan kisah cinta menarik, yang belum tentu bisa dikarang oleh penulis naskah. Pengalaman romantis yang terjadi di kehidupan nyata sering dijadikan dasar pembuatan sebuah film dan meninggalkan bekas di hati para penontonnya. Dikutip dari situs Brightside.me, simak tujuh film yang dibuat berdasarkan kisah nyata.

1. Eat, Pray, Love

Eat, Pray, Love. Foto: Brightside.me
Cerita tentang seorang wanita bernama Elizabeth yang menyadari bahwa ia menjalani kehidupan yang ia inginkan. Elizabeth memutuskan untuk meninggalkan "kehidupannya" dan pergi melanglang buana untuk mencari identitas diri. Di Italia, Elizabeth menemukan kembali cintanya terhadap makanan, di India ia menemukan jalur spiritual, dan di Bali ia menemukan cinta.

Eat Pray Love. Foto: Brightside.me
Film ini dibuat berdasarkan autobiografi seseorang bernama Elizabeth Gilbert. Kisah cintanya dengan seorang pria bernama Jose (yang bernama Felipe di film) berkembang seperti yang ditampilkan di film Eat, Pray, Love. Di kehidupan sesungguhnya, Elizabeth dan Jose menikah dan masih bersama hingga kini.

2. 50 First Dates

50 First Dates. Foto: Brightside.me
Kisah seorang pria bernama Henry Roth yang jatuh cinta pada Lucy Whitmore, gadis yang menderita amnesia karena kecelakaan. Henry tidak menyerah dan tetap memutuskan untuk menikahi Lucy. Ia merekam semua kejadian penting agar Lucy dapat menontonnya setiap pagi.

50 First Dates. Foto: Brightside.me
Lucy adalah karakter yang diciptakan berdasarkan Michelle Philpotts, yang menderita amnesia langka setelah mengalami kecelakaan. Waktu dan ingatan Michelle berhenti pada tahun 1994, di mana ia hidup selama 21 tahun dengan ingatan yang terhenti pada tahun itu. Suami Michelle membuktikan bahwa mereka pasangan menikah yang bahagia dengan menunjukkan foto, rekaman, dan catatan tentang kejadian-kejadian penting di hidup mereka. Perbedaannya dengan film 50 First Dates adalah Michelle dan suaminya sudah saling mengenal sebelum Michelle mengalami kecelakaan.

3. Die Weisse Massai

Die Weisse Massai. Foto: Brightside.me
Film tentang seorang wanita cantik bernama Carola yang jatuh cinta pada pria lokal saat ia tengah berlibur di Kenya. Ia meninggalkan kehidupannya yang nyaman di Eropa untuk tinggal bersama sang pria di alam liar Kenya. Meski tak mudah bagi Carola untuk beradaptasi di tengah-tengah kehidupan suku asli suaminya, ia tetap bahagia saat melahirkan anaknya yang pertama. Pada akhirnya Carola lelah dengan kehidupannya di Kenya dan memutuskan untuk kembali ke Eropa.

Die Weisse Massai. Foto: Brightside.me
Film tersebut di buat berdasarkan kisah nyata dari Corinne Hofmann yang jatuh cinta pada Lketinga Leparmoriyoin, seorang pria lokal, saat ia tengah berlibur ke Kenya dengan kekasihnya. Corinne putus dengan kekasihnya, menjual bisnisnya di Swiss, dan menikah dengan Lketinga tahun 1988. Corinne menemui banyak masalah seperti penyakit yang berbahaya dan perbedaan budaya dengan suaminya. Walaupun Corinne mencintai suaminya, pada akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke negara asalnya.

4. Ai No Korîda

Ai no korîda. Foto: Brightside.me
Film yang menggambarkan betapa nafsu yang tidak terkendali dapat merusak kehidupan seseorang. Kisah cinta tentang pria borjuis dengan seorang pelayan yang melupakan keluarga mereka, bahkan tidak makan atau minum, dan hanya bercinta selama berhari-hari. Pada akhirnya, untuk menemukan bentuk kenikmatan yang baru, sang pelayan mencekik kekasihnya di tengah-tengah bercinta.

Ai no korîda. Foto: Brightside.me
Tak disangka, film bertajuk Ai No Korîda ini dibuat menyerupai kisah nyata yang terjadi pada 1936. Kisah cinta seorang pelayan, Sada Abe, yang membunuh kekasih kayanya membuat gempar di Jepang. Sada Abe membunuh kekasihnya karena ia tidak ingin membagi pria tersebut dengan siapa pun. Sada dan kekasihnya menghabiskan empat hari di ranjang sebelum pria itu tewas ia bunuh.

5. Moths

Moths. Foto: Brightside.me
Kisah asmara antara seorang murid SMU, Alya, dan seorang tentara, Pavel, yang berkembang pada 1986 di masa-masa kecelakaan Chernobyl. Mereka jatuh cinta pada pandangan pertama dan memutuskan untuk tetap bersama apa pun yang terjadi. Pavel terkena dosis radiasi tinggi, tapi ia meninggalkan rumah sakit untuk mengejar Alya dan tetap bersamanya meskipun sedang berada di tengah-tengah bahaya.

Moths. Foto: Brightside.me
Karakter Alya dan Pavel diciptakan berdasarkan beberapa kisah cinta yang terjadi di masa tragedi nuklir Chernobyl, terutama diambil dari hubungan asmara antara Vasily Ignatenko, seorang pemadam kebakaran, dan istrinya, Ludmilla. Vasily yang bekerja dalam operasi pembersihan Chernobyl terkena radiasi tinggi. Ludmilla mempertaruhkan nyawanya untuk merawat sang suami hingga napas terakhir, meskipun telah dilarang oleh dokter.

6. Winter Cherry

Winter Cherry. Foto: Brightside.me
Olga, seorang wanita cerdas dengan anak laki-laki, tidak bahagia dengan pernikahannya bersama Vladim. Ia kemudian melarikan diri dengan seorang pria kaya untuk memperbaiki hidupnya di kota lain. Vladim menyadari bahwa ia kehilangan sosok wanita yang ia cintai dan mengejar Olga untuk kembali dengannya. Sayangnya, Vladim tetap tidak memberikan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Winter Cherry. Foto: Brightside.me
Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata antara seorang penulis naskah, Vladimir Valutskiy, dan seorang aktris, Nadezhda Repina, yang menjalin hubungan asmara rahasia selama 14 tahun. Mereka bertemu di Yalta saat keduanya masih menikah dengan orang lain. Repina akhirnya bercerai dengan suaminya, tapi Valutskiy tetap tinggal bersama dengan keluarganya. Valutskiy berjanji akan bercerai saat Repina bertemu dengan seorang pria Italia kaya, namun pada akhirnya tidak memenuhi janjinya.

7. The Vow

The Vow. Foto: Brightside.me
Pasangan penuh cinta, Paige dan Leo, sedang dalam perjalanan untuk merayakan ulang tahun pernikahan yang ke-4. Sayangnya mereka mengalami kecelakaan,dan Paige kehilangan ingatan. Leo harus memulai dari awal untuk memenangkan hati Paige kembali.
Krickitt dan Kim Carpenter, pasangan nyata yang telah menikah selama 15 tahun, mengalami cobaan saat sebuah kecelakaan membuat Krickitt kehilangan semua ingatannya. Kim tidak pernah putus asa untuk membuat Krickitt kembali jatuh cinta padanya, dan kesabarannya membuahkan hasil manis. Kisah mereka kemudian dituangkan dalam sebuah buku bertajuk The Vow yang ditulis oleh Kim sendiri, dan dijadikan dasar pembuatan film ini.

The Vow. Foto: Brightside.me

Kisah cinta antara manusia memang selalu jadi topik yang menarik untuk dijadikan film. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menyaksikan film-film di atas?