Sukses

4 Keterampilan Komunikasi Ini Tingkatkan Daya Pengaruh di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki gaya berkomunikasi yang berbeda-beda. Di kantor, percakapan antar karyawan dapat ditebak. Apakah Anda pernah memperhatikan apa saja yang biasanya dibicarakan orang-orang di kantor?

Percakapan di kantor biasanya berbau basa-basi. "Bagaimana perjalananmu, macet?" atau "Udara panas sekali, sepertinya akan hujan". Jika Anda ingin tampak menonjol antara orang-orang dan ingin punya pengaruh yang lebih besar di kantor, sebaiknya Anda mengubah cara komunikasi Anda. Kata-kata adalah senjata yang kuat yang dapat dimanfaatkan mulai dari untuk menjalin hubungan romantis hingga membangun bisnis yang kuat.

Jika Anda tidak ingin menjadi orang yang mudah dilupakan, jangan ucapkan hal-hal yang sudah biasa didengar orang. Agar menonjol, Anda harus memancing ketertarikan orang-orang sehingga mereka memberikan jawaban yang Anda inginkan. Kebiasaan berbicara yang tepat dapat membawa manfaat positif bagi hidup Anda. Dikutip dari situs Huffingtonpost, berikut 4 cara untuk menjadi orang yang berpengaruh di tempat Anda bekerja.

Hindari pertanyaan retorika
Jangan menjawab "Apa kabar?" dengan kalimat-kalimat standar yang sudah sering Anda dengar sebelumnya. Akan lebih baik menjawab dengan hal-hal yang memang sesungguhnya sedang Anda alami. Apakah Anda baru saja mendapatkan pekerjaan baru, atau putus dengan kekasih, atau berlibur? Apakah Anda sedang bahagia atau sedang sedih? Jangan ragu untuk menyampaikannya sesuai dengan pertanyaan dari lawan bicara Anda. Gunakan kata-kata yang menarik, karena dengan cara tersebut lawan bicara Anda akan lebih menyimak apa yang Anda sampaikan.

Jangan takut berekspresi
Gunakan kalimat-kalimat yang benar-benar menggambarkan suasana atau perasaan Anda pada saat itu. "Makanan restoran ini benar-benar enak!" atau "Servis yang diberikan benar-benar memuaskan!". Siapa yang bisa berargumen saat Anda memberikan kata-kata yang menyatakan keadaan mutlak? Saat Anda ingin mengajak seseorang kencan, atau ingin menjual sebuah produk, pendekatan yang penuh percaya diri akan meningkatkan daya pengaruh Anda ke level yang lebih tinggi.

4 keterampilan komunikasi ini akan tingkatkan daya pengaruh Anda. Foto: Huffingtonpost.

Jangan ragu meminta saat Anda menginginkan sesuatu
Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika Anda meminta potongan harga. Para penjual menanti seseorang yang berani melakukan penawaran secara langsung. Mengapa seorang pria yang biasa-biasa saja bisa berkencan dengan seorang primadona? Karena pria itu berani mengajak kencan gadis tersebut. Saat kita tidak berani mengeluarkan pikiran yang sebenarnya, kita seringkali disetir oleh pikiran orang lain.

Gunakan sedikit humor
Saat Anda mengatakan "Saya punya permintaan yang bodoh," kepada seorang resepsionis, ia akan lebih terbuka dibandingkan dengan saat Anda memulai percakapan dengan "Saya ingin bertemu dengan ...". Perilaku defensif mudah hilang saat Anda mengatakan hal-hal yang tak terduga, yang dapat mengurangi ketegangan. Resepsionis yang Anda temui akan tersenyum dan tiba-tiba menjadi seorang teman bagi Anda. Humor menunjukkan bahwa Anda adalah seorang manusia biasa yang dapat membuat lawan bicara Anda lebih relaks dan memberikan informasi yang Anda butuhkan.