Sukses

Bedanya Orang Sibuk dengan Orang Efisien, Anda yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang beranggapan bahwa definisi sibuk adalah orang yang bekerja efektif dan menjalani hari yang produktif, namun kenyataan hal ini adalah pengertian yang salah. Orang yang sibuk bukan berarti efektif dalam bekerja, dan orang yang efektif bukan berarti bekerja tanpa henti sepanjang hari.

Dikutip dari situs Brightside, orang sibuk sangatlah berbeda dengan orang yang efektif. Berikut analisis komparatif yang dapat membedakan antara orang yang sibuk dengan orang yang efisien.

1. Memiliki Misi

Orang yang sibuk bertingkah seakan-akan mereka memiliki misi besar dalam hidup, padahal kenyataannya tidak. Di sisi lain, orang yang efisien memang memiliki misi yang berpengaruh terhadap semua hal yang dikerjakannya.

2. Mengatur prioritas
Orang yang sibuk memiliki banyak prioritas dan menganggap semua prioritas tersebut sama pentingnya. Berbeda dengan orang yang efisien, mereka hanya memiliki sedikit prioritas dalam hidupnya.

3. Mudah menjawab 'ya'
Orang yang sibuk dengan mudah memberikan jawaban 'ya' pada ajakan orang lain. Orang yang efisien mengucapkan 'ya' dengan hati-hati agar waktunya tidak mudah terbuang sia-sia.

4. Tak mementingkan aksi
Orang yang sibuk beraksi tanpa berpikir panjang, sementara orang yang efisien akan berpikir sebelum melakukan sesuatu agar apa yang dia lakukan tepat sasaran.

5. Pintu tak selalu terbuka
Orang yang sibuk membiarkan pintunya terbuka untuk semua kemungkinan. Orang yang efisien menutup pintunya dan selektif dalam menjawab orang yang mengetuk pintu tersebut.

6. Mengumumkan kesibukan

Orang yang sibuk terus mengumumkan kesibukannya ke orang-orang sekitar. Orang yang efisien akan menunjukkan hasil yang konkret dari hasil pekerjaannya.

Apakah Anda orang yang sibuk atau efisien dalam bekerja?

7. Tidak punya waktu
Orang sibuk tidak pernah punya waktu yang cukup, orang yang efisien menghabiskan waktu mereka untuk hal yang benar-benar pentng.

8. Multitasking belum tentu perlu
Orang yang sibuk melakukan banyak pekerjaan dalam satu jangka waktu yang sama. Orang yang efisien fokus pada 1 target yang penting.

9. Aktif menjawab pesan di ponsel
Orang yang sibuk memberi respon yang cepat saat menerima pesan di ponsel. Orang yang efisien berhati-hati dan tidak buru-buru memberikan jawaban agar jawabannya tepat dan efektif.

10. Memengaruhi sekeliling
Orang yang sibuk ingin agar sekelilingnya ikut sibuk seperti mereka, sedangkan orang yang efisien ingin agar orang sekeliling juga menggunakan waktu mereka dengan efisien.

11. Menyenangkan semua orang
Orang yang sibuk akan berusaha menyenangkan hati semua orang. Tidak dengan orang yang efisien, mereka akan menyenangkan hati pihak-pihak yang penting, misalnya klien di kantor.

12. Bicara perubahan
Orang yang sibuk akan membicarakan tentang rencana perubahan hidup mereka. Orang yang efisien terus tumbuh dan berkembang dalam hidup.

13. Membutuhkan nasehat
Orang yang sibuk akan mencari dan mendengarkan pendapat orang-orang. Orang yang efisien langsung beraksi, mengerjakan yang perlu dan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan efektif.