Sukses

Lomba Lukis Anak Ramaikan Acara Tahun Kunjungan Museum

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan menggelar lomba lukis untuk anak-anak di Taman Budaya Sumatera Utara

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan menggelar lomba lukis untuk anak-anak di Taman Budaya Sumatera Utara, yang dilaksanakan dalam upaya lebih menyosialisasikan program tahun kunjungan ke museum.

"Lomba lukis bertemakan 'Tahun Kunjungan Museum' ini selain meningkatkan kreativitas seni bagi anak-anak, juga dalam rangka meningkatkan kunjungan masyarakat ke museum," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan Hasan Basri di Medan, Minggu.

Ia mengatakan, pemerintah telah menetapkan Kota Medan sebagai salah satu dari 20 daerah tujuan wisata yang menarik di Indonesia.

Sebagai kota tua, Medan menyimpan warisan sejarah dan budaya yang cukup punya daya tarik, seperti bangunan tua, seni dan budayanya yang heterogen, termasuk wisata kulinernya. 

Menurut dia, museum juga merupakan salah satu tujuan wisatawan datang ke sebuah daerah, dengan mengunjungi musem, wisatawan dapat mengenali keunggulan mau pun keunikan dari sebuah daerah.

Sehingga wajar jika lomba lukis itu mengusung tema "Tahun Kunjungan Museum 2016". "Diharapkan lomba ini dapat meningkatkan tingkat kunjungan ke museum, sekaligus mengedukasi masyarakat akan nilai sejarah dan budaya sekaligus meningkatkan kreativitas anak bangsa," katanya.

Sebelumnya, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan Fahmi L Harahap mengatakan, lomba itu dikuti lebih dari 200 anak usia 6-12 tahun.

Tujuan digelarnya lomba itu untuk mengarahkan anak kepada hal positif, selain membekali mereka dengan pengetahuan dan pemahaman tentang sejarah dan kekayaan budaya bangsa.

"Diharapkan lomba ini dapat menambah pengetahuan dan kecintaan akan budaya bangsa sekaligus mengasah dan meningkatkan kreativitas anak bangsa. Yang lebih penting lagi adalah meningkatkan animo masyarakat khususnya anak-anak untuk berkunjung ke museum," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini