Sukses

8 Cara Ini Bebaskan Anda dari Perceraian yang Menyedihkan

Liputan6.com, Jakarta Pepatah yang mengatakan "apa yang tidak membunuhmu, membuatmu kuat" memang benar adanya.

Tidak ada orang yang ingin hubungan pernikahan dan rumah tangganya kandas di tengah jalan, apalagi sampai ke tahap perceraian. Namun, apabila hal ini sampai terjadi, biasanya kaum wanita adalah korban perasaan yang paling besar.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Rabu (2/3/2016), berikut adalah delapan hal yang harus Anda perhatikan agar lebih cepat meraih kebahagiaan dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan setelah bercerai. Apabila Anda sudah dapat mengatasi 8 hal penting berikut ini maka dijamin hidup Anda akan menjadi lebih baik dan bahagia.

1. Keuangan
Proses perceraian dan menjadi lajang kembali memaksa Anda untuk menyeimbangkan segala hal, termasuk anggaran. Bergantung pada mantan suami untuk masa depan keuangan Anda bukan merupakan sebuah prestasi. Anda akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap berbagai biaya dan tagihan. Ini mungkin adalah waktu yang paling sulit, tapi percayalah, seiring berjalannya waktu, Anda akan merasa bebas.

2. Hubungan
Setelah bercerai, Anda akan lebih paham dan percaya diri tentang tipe pasangan yang Anda diinginkan. Perceraian mengajarkan bagaimana menjadi seorang pasangan yang lebih baik untuk orang lain. Selain itu, Anda juga akan belajar untuk mengutarakan perasaan dengan lebih jujur.

3. Kemandirian
Hubungan suami-istri sejatinya saling membantu satu sama lain. Dengan adanya suami, sang istri biasanya malas melakukan pekerjaan rumah yang dirasanya berat, seperti memperbaiki atap rumah. "Aku akan menunggu suamiku pulang dari kantor untuk memperbaikinya." Begitu, bukan?
Namun, ketika bercerai, mau tidak mau, Anda harus melakukan segala hal sendirian. Hal ini menuntut kemandirian Anda untuk segala hal.

4. Karier
Dengan sebuah perceraian, karier pun akan menjadi aspek yang bergeser. Jika pada saat pernikahan Anda memilih pekerjaan "aman", hal lain harus Anda lakukan setelah bercerai. Berbagai cara untuk bisa menjalankan usaha atau bisnis Anda sendiri bisa menjadi pilihan untuk segera mandiri dalam keuangan.

5. Hubungan orang tua dan anak
Ketika selama ini Anda telah bercokol dalam hubungan yang tidak sehat dengan pasangan, perceraian adalah saatnya bagi Anda untuk memberikan perhatian khusus untuk anak-anak. Fokuslah pada apa yang mereka butuhkan. Perceraian dapat membuat Anda menjadi orang tua yang lebih baik, penyayang, dan penuh kasih dan tidak lagi diliputi oleh emosi.

6. Kesehatan
Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa sebuah pernikahan dapat membuat orang hidup lebih lama. Namun tingkat stres yang tinggi ketika Anda berada dalam sebuah hubungan pernikahan yang tidak sehat, dapat menimbulkan efek yang buruk.

7. Persahabatan
Percayakah bahwa sebuah perceraian dapat membuat Anda melihat siapa saja teman yang sebenarnya. Ada yang akan tiba-tiba berkencan dengan mantan suami Anda. Mungkin hal ini terdengar sangat kejam, namun ketahuilah bahwa ia bukan teman yang sebenarnya, sehingga Anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu dengannya. Mulailah membuat hubungan dengan orang-orang yang mendukung Anda.

8. Perjalanan
Menjelajahi dunia mungkin pernah menjadi impian bersama mantan suami, namun ketika perceraian terjadi, Anda akan lebih bebas untuk melakukannya. Pergilah dan jangan merasa takut, karena Anda tidak lagi perlu berlama-lama menunggu seseorang dan menyesuaikan jadwal untuk dapat pergi bersama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS