Sukses

8 Cara Mudah Meredam Suara di Dalam Ruangan

Liputan6.com, Jakarta - Siapapun tentu setuju rumah yang menenangkan adalah rumah yang ideal untuk dijadikan hunian. Beberapa orang memaknai peaceful dengan pemilihan furnitur, bahan dan pencahayaan yang pas untuk menghiasi rumah. Padahal ada satu hal yang tidak kalah penting membuat ruangan menjadi tenang – yaitu peredam suara.

Bayangkan ketika Anda bangun dari tidur di pagi hari dengan suara bising dari tetangga di depan rumah atau klakson kendaraan yang hendak melintas. Tapi sayangnya, banyak orang yang enggan memasang alat peredam suara. Bentuknya yang menyerupai bantalan busa bisa merusak estetika di ruangan Anda.

Padahal sebenarnya banyak dekorasi rumah lain yang bisa membantu menyerap suara bising dari luar rumah. Beberapa ide yang dikutip dari Elledecor.com dan Rumah.com ini juga tetap membantu rumah Anda untuk tampil stylish. Tengok delapan ide berikut seperti ditulis Kamis (11/2/2016).

Tambahkan karpet

Derap langkah kaki terkadang menimbulkan gema suara yang mengganggu di dalam rumah. Oleh karena itu, Anda bisa memasang karpet lantai untuk mengurangi suara dari kaki yang melangkah di sekeliling rumah. Namun jika Anda enggan memasang karpet di setiap sudut rumah, cukup letakkan di beberapa titik saja.

Mengganti pintu

Ketika hendak mengurangi bising suara, pintu dengan motif lekukan mesti disingkirkan dari rumah Anda. Pintu dengan desain solid lebih tenang dibandingkan pintu dengan hiasan berukir.

Perbaiki jendela

Untuk memastikan suara bising tidak menyelinap melalui sela-sela jendela, Zillow menyarankan agar Anda memasang weather stripping di setiap jendela rumah. Weather stripping adalah metode mengisi setiap celah yang ada di jendela atau pintu dengan menggunakan karet khusus. Anda juga bisa mengganti setiap jendela dengan kaca tiga panel untuk meredam suara dari luar ruangan.

Aplikasikan cat peredam suara

Ya, ternyata ada cat yang berfungsi meredam suara dari luar ruangan. Cat ini diformulasikan khusus untuk melapisi dinding dan mengurangi kebisingan sampai 30 persen. Meski masih terdengar langka, namun ada perusahaan cat multinasional, seperti Serenity Coating, yang mulai memproduksi cat ini untuk mengurangi suara yang tidak diinginkan.

Mengganti lantai berdecit

Lantai yang menimbulkan suara decit terdengar sangat menyebalkan. Anda tentunya perlu mengganti lantai tersebut dengan yang baru. Ketika hendak memasang lantai baru, pastikan Anda sudah melepas lantai pertama. Pemasangan lantai dengan metode lebih padat juga diperlukan.

Manfaatkan rak buku dan beberapa buku

Beruntung bagi Anda para kolektor dan kutu buku. Karena ternyata kehadiran buku yang bertumpuk di rak buku bermanfaat untuk meredam suara bising di dalam rumah. Namun pastikan jumlah buku di rak Anda tidak renggang, dan cukup padat untuk meredam suara.

Jangan lupakan gorden

Anda tentu tahu gorden berfungsi mencegah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan Anda. Namun ternyata mereka juga berfungsi mengurangi suara bising yang hendak masuk ke dalam rumah. Terlebih jika Anda memilih bahan yang terbuat dari tenunan tebal seperti brokat bermotif, beludru ataupun wol. Untuk memastikan gorden Anda berfungsi maksimal dalam mengurangi suara, pasang gorden mengelilingi dinding ruangan dan juga jendela Anda.

Insulasi

Insulasi adalah cara paling efektif untuk mencegah masuknya suara bising yang tidak diinginkan. Insulator tak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tetapi juga mengurangi panas matahari merambat ke dalam rumah.

Beberapa perumahan di Indonesia kini sudah mulai mengaplikasikan insulasi dengan cara melapisi dinding dengan rockwool dan penggunaan kaca jendela ganda. Salah satunya adalah Sakura Regency 3 di Bekasi. (Isnaini K/Ahm)