Sukses

5 Tempat Romantis di Yogyakarta untuk Ungkapkan Cinta

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada pasangan di hari Valentine, mulai dari memberikan mawar dan cokelat, hingga memberikan kado berupa boneka beruang yang besar. Namun berbagai cara tersebut kini sudah dianggap kuno.

Jika Anda ingin memberikan suatu hal yang spesial kepada pasangan di hari Valentine, Anda perlu memikirkan cara lain yang lebih berkesan, seperti mengunjungi tempat romantis sLalah satunya. Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal romantis. Banyak tempat dengan pemandangan alam menawan di Yogyakarta yang cocok bagi Anda untuk mengungkapkan rasa cinta Anda kepada pasangan. Berikut referensi 5 tempat teromantis di Yogyakarta seperti disusun Liputan6.com, Selasa (9/2/2016).

Gunung Api Purba

Jogja, kota gudeg ini menyimpan sejuta pesona bagi wisatawan lokal maupun asing

Gunung Api Purba yang terletak di Patuk, Gunungkidul, merupakan puncak gunung romantis yang ada di Yogyakarta. Jika gunung lain perlu waktu berhari-hari untuk mencapai puncaknya, Anda hanya perlu waktu 1 hingga 2 jam perjalanan mendaki untuk mencapai puncak gunung Api Purba.

Pemandangan puncak GunungApi Purba menjadi sangat romantis, mengingat dari puncaknya, Anda bisa melihat bukit-bukit dan hamparan hijau dari bukit dan ladang petani. Apalagi saat senja menjelang, puncak gunung ini menjadi sangat romantis dengan balutan lampu-lampu dari perumahan warga. tak hanya itu, bagi Anda yang menyempatkan diri untuk berkemah dan mendirikan tenda, Anda akan menyaksikan taburan bintang dan gemerlapan cahaya kunang-kunang. Ada satu kepercayaan, siapa pun yang mengungkapkan cintanya kepada pasangan, cinta tersebut akan langgeng sampai tua dan mati.

2 dari 5 halaman

Bukit Bintang

Bukit Bintang

foto: jogjis.blogspot.com

Bukit Bintang merupakan dataran tinggi yang ada di perbukitan Pathuk, Gunungkidul. Tempat ini menjadi terkenal lantaran menyuguhkan pemandangan kota Yogyakarta yang bisa dilihat dari ketinggian. Hawa sejuk, kerlipan lampu, dan cahaya bintang-bintang, menjadikan Bukit Bintang tempat yang cocok bagi Anda untuk mengungkapkan rasa cinta pada pasangan.

Bukit Bintang dilengkapi dengan café yang menjual beranegaram kuliner, mulai dari kopi hingga jagung bakar. Dilengkapi dengan berbagai jenis hotel dan penginapan, Bukit Bintang menjadi tempat teromanntis bagi Anda yang ingin berbulan madu.

3 dari 5 halaman

Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog

Foto: alamasedy.blogspot.com

Selain dikenal sebagai landasan bagi olahraga paralayang, Bukit Parang Endog juga menjadi tempat paling romantis yang ada di Yogyakarta dengan pemandangan laut lepasnya yang begitu indah. Secara administratif, Bukit Parang Endog berlokasi di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul.

Untuk mencapai puncak bukit, Anda perlu treking menjak menyusuri anak tangga. Romansa Bukit Parang Endog mulai terlihat menjelang sore. Saat mentari mulai turun dan cahaya jingga mulai berpendar, saat itulah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan.

4 dari 5 halaman

Kalibiru

Kalibiru

Apakah Anda seorang yang menyukai tempat wisata asri dan memiliki pemandangan yang mengagumkan?

Setelah ramai diperbincangkan di media sosial, pamor Kalibiru sebagai destinasi wisata alam romantis di Yogyakarta makin dikenal. Terletak di Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulonprogo, Kalibiru kini dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang menarik, mulai dari jalur treking yang bagus, homestay, camping ground, hingga gardu pandang, Kalibiru menjadi objek wisata teromantis yang perlu dikunjungi saat hari Valentine.

Hanya dengan membayar Rp 10 ribu, Anda bisa naik ke gardu pandang dan menyaksikan keindahan hamparan hutan wisata Kalibiru. Ditemani dengan cuit burung dan derik serangga, gardu pandang Kalibiru menjadi tempat yang pas bagi Anda untuk mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan.

5 dari 5 halaman

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Foto: jogjaliburan.com

Meski secara administratif masuk dalam daerah Magelang, Punthuk Setumbu bisa dicapai dari Yogyakarta hanya dalam waktu 1 jam saja menggunakan perjalanan darat. Punthuk Setumbu menawarkan pemandangan matahari terbit yang romantis. Dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, para wisatawan bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dengan balutan panorama Gunung Merapi dan Candi Borobudur yang menyembul dari kepulan embun.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit Punthuk Setumbu direkomendasikan untuk datang sebelum pukul 05.00 pagi. Punthuk Setumbu dilengkapi dengan pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Di pelataran ini terdapat pendopo yang bisa digunakan pengunjung untuk menyaksikan keindahan panorama alam matahari terbit. Saat cahaya matahari mulai berpendar, jangan lupa mengucapkan “aku sayang kamu” pada pasangan Anda.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading