Sukses

6 Atlet Dunia yang Mengaku Gay

Berikut ini beberapa atlet pria di dunia olahraga yang mengaku dirinya gay.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya dunia hiburan saja yang identik dengan kaum gay atau lesbian, dunia olahraga pun demikian. Beberapa atlet dunia juga dikabarkan sudah mengakui secara terbuka di hadapan masyarakat perihal penyimpangan seksual yang mereka alami.

Dunia olahraga pun ternyata bukan jaminan bebas dari kaum gay dan lesbian. Bahkan para atlet gay ini memiliki segambreng prestasi dari kejuaraan dunia yang patutu dibanggakan dalam dunia olahraga. 

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (2/2/2016), Liputan6.com merangkum beberapa atlet internasional yang memberi pengakuan bahwa dirinya gay.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jason Collins

1. Jason Collins

Jason Collins (NBA)

Jason Collins yang merupakan atlet bola basket NBA dari Brooklyn Net tahun 2013 lalu, membuat pengakuan mengejutkan. Dia secara terbuka mengaku sebagai pecinta sesama jenis atau gay. Collins pun menjadi pemain pertama di dunia olahraga Amerika Serikat yang mengaku secara terbuka sebagai gay. Pasca pengumuman sebagai gay, Collins masih mendapat tawaran bermain dari Brooklyn Nets.

2. Matthew Mitcham

Matthew Mitcham (sumber. johnmcrae.com)

Matthew Mitcham larir di Brisbane, Queensland, Australia pada tanggal 2 Maret 1988, dan juga sebagai atlit lompat indah Olimpiade yang terbuka bahwa dirinya adalah seorang Gay. Dia adalah pemenang dalam kategori The Men’s 10m Platform Final Diving tahun 2008. Ia berhasil menyabet dan memenangkan medali emas pada Olimpiade di Beijing tahun 2008.

3 dari 4 halaman

Robbie Rogers

3. Robbie Rogers

Robbie Rogers Mengaku Sebagai Gay (Twitter)

Pemain dari klub Liga Inggris Leeds United itu mengaku kalau dirinya seorang gay. Setelah pengakuannya itu ia hengkang dari Leeds dan memilih bergabung Los Angeles Galaxy di Amerika Serikat. Dia menjadi pemain gay pertama yang bermain di Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika Serikat. Kariernya juga menurun, hingga kini turun ke LA Galaxy B.

4. Jeffrey Wammes

Jeffrey Wammes (sumber, sportfondsen.nl)

Atlet senam Belanda ini juga mengakui dirinya gay kepada Linda Magazine. Kepada majalah itu, ia mengatakan begini; “Tadinya banyak spekulasi yang meragukan apakah saya ini senang kepada laki-laki atau perempuan. Menurut saya itu tidak berhubungan dengan olahraga atau prestasi saya. Namun ketika ditanya, saya langsung menjelaskannya, bahwa saya menyukai laki-laki”.

4 dari 4 halaman

Anton Hysen

5. Anton Hysen

Anton Hysen (sumber. www.youcanbeanything.org)

Putra mantan pemain Liverpool Glenn Hysen itu, mengakui dirinya gay dalam sebuah wawancara dengan majalah sepak bola Swedia pada 2011 lalu. Ia menjadi pemain Swedia pertama yang berani mengungkapkan dirinya gay di depan publik. Kini ia bermain di Myrtle Beach FC, kompetisi level empat di Amerika Serikat.

6. Ian Thrope

Ian Thrope (sumber. www.dailytelegraph.com.au)

Setelah sempat menjadi sorotan publik, atlet renang terkenal Australia, Ian Thorpe mengakui kalau dirinya gay. Juara dunia renang 11 kali ini mengungkapkan referansi seksualnya itu dalam sebuah program wawancara yang disiarkan stasiun TV Channel Ten. Menyikapi pengakuan Ian Thorpe ini, warga Australia berbondong-bondong memberikan semangat dan dukungan lewat sosial media untuk mengucapkan ucapan atas keberaniannya tersebut. Sebagai peraih juara olimpiade 5 kali berturut-turut, ia dinilai cukup berani untuk memutuskan dan mengungkapkan jati dirinya sebagai gay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.