Sukses

Cara Singkat Atasi Stres dan Cemas

Posisi tubuh yang terbuka sehingga hormon testosteron meningkat merupakan cara singkat dan mudah untuk atasi stres dan cemas.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang cukup sederhana untuk mengatasi rasa cemas dan stress, serta meningkatkan rasa percaya diri. Berdasarkan penelitian dari Universitas Harvard, Universitas Oregon, dan Universitas Texas mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang kuat dan efektif tidak hanya membutuhkan pola pikir, tetapi juga hormon.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Senin (21/12), seorang pemimpin cenderung memiliki tingkat hormon testosteron lebih tinggi dan hormon kortisol yang rendah. Keberadaan hormon testosteron pada pria dan wanita akan meningkatkan perasaan untuk jauh lebih percaya diri untuk mengatasi rasa cemas.

Hormon

Pada akhirnya, jika dapat merasakan dan mengatur tingkat hormon tersebut, maka secara biologis tubuh akan mendukung Anda untuk lebih tegas. percaya diri, dan santai. Selain itu, efek lainnya adalah Anda akan kurang reaktif terhadap stres dan jauh lebih tenang menghadapi tekanan yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan fisik.

Bahasa Tubuh

Selain dipengaruhi oleh hormon, bahasa tubuh menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda. Menurut penelitian Amy Cuddy dari Universitas Harvard yang mengklasifikasikan posisi tubuh yang memiliki pengaruh kuat dan lemah.

Posisi tubuh (sumber. Lifehack.org)

Secara umum, posisi badan terbuka dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menandakan Anda lebih mudah mengatasi stres dan rasa cemas.

Cuddy beserta tim melibatkan 42 pelajar dalam penelitiannya tersebut melalui tiga tahapan objek pengukuran, yaitu sampel ludah, posisi duduk, dan keduanya. Ketika para peneliti melihat hasilnya, mereka menemukan bahwa pose yang powerful meningkatkan hormon testosteron sebesar 20 persen dan menurunkan hormon kortisol sebesar 25 persen.

Sumber. Lifehack.org

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 
**Saksikan juga video menarik berikut ini [vidio:VIDEO: Sejarah Bus Merah Cikal Bakal Metro Mini]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini