Sukses

6 Bahan Alami Pengusir Bau Tak Sedap di Rambut

Ada banyak produk yang bisa menyingkirkan bau rambut. Namun, ada pula pilihan bahan alami yang lebih mudah didapatkan.

Liputan6.com, Jakarta Saat akan menghadiri acara tertentu, Anda pasti sangat memerhatikan penampilan dari ujung kaki hingga ke ujung kepala. Namun bagaimana jadinya bila rambut mengeluarkan bau tak sedap alias sengak?

Mungkin ada banyak produk yang bisa menyingkirkan bau rambut. Namun, produk-produk itu mungkin akan berisiko. Bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur pun dapat dijadikan pilihan untuk melenyapkan bau tak sedap dari rambut.

Berikut bahan-bahan yang bisa Anda gunakan seperti dikutip dari Boldsky, Rabu (4/11/2015).

1. Baking soda

Bahan ini dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala sehingga mengurangi bau pada bagian tersebut. Gunakan baking soda yang sudah dicampur dengan air pada rambut dan bilas setelah 5 menit.

2. Minyak tea tree

Kandungan antimikroba dalam bahan ini bisa menjadi solusi rambut bau. Karena minyak tea tree dapat mengatasi ketombe, bau pada rambut pun akan berkurang dengan sendirinya. Gunakan beberapa tetes minyak ini yang sudah dicampur dengan air untuk dipijat ke kulit kepala. Bilas setelahnya.

3. Pasta tomat

Tomat yang dibuat pasta dapat diaplikasikan pada rambut 30 menit sebelum keramas. Kandungan pada tomat akan menyeimbangkan pH pada rambut untuk mengurangi bau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuka apel

4. Cuka apel

Cuka apel akan membunuh bakteri penyebab bau pada rambut dengan segera. Gunakan beberapa tetes cuka apel dan balurkan pada rambut selama beberapa menit sebelum dibilas.

5. Minyak lavender

Minyak lavender efektif mengurangi bau pada rambut karena khasiat antibakteri dan antifunginya. Minyak lavender juga dapat mengurangi inflamasi dan infeksi pada kulit kepala. Gunakan setelah keramas pada kulit kepala.

6. Jeruk

Kulit jeruk akan memberikan aroma baru pada rambut dan membantu menghilangkan bau tak sedap.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini