Sukses

Hindari 7 Kesalahan yang Sering Tidak Disadari Saat Cuci Mobil

Supaya hasil mencuci mobil bersih optimal, Anda perlu menghindari tujuh kesalahan umum yang sering dilakukan orang ini.

Liputan6.com, Jakarta Mencuci mobil dan merapikan interiornya mungkin menjadi salah satu tugas yang perlu Anda kerjakan setiap akhir pekan. Namun, sudahkah Anda melakukan tugas itu dengan benar?

Supaya hasilnya bersih optimal, Anda perlu menghindari sejumah kesalahan berikut ini yang umum dilakukan orang dalam mencuci mobil, seperti dikutip dari laman Goodhousekeeping.com pada Selasa (20/10/2015).

1. Mencuci di bawah terik sinar matahari
Memang, sinar matahari membantu mobil yang habis dicuci jadi kering lebih cepat. Namun, bisa jadi justru itu terlalu cepat. Hasilnya, pada body mobil Anda mungkin akan tampak noda air yang terlihat seperti kerak.

2. Menggunakan sabun cuci piring
Meskipun bahan ini mudah didapat, tetapi Anda tidak seharusnya menggunakan bahan ini untuk mencuci mobil Anda. Bahan ini terlalu kasar untuk cat mobil dan dapat membuat goresan-goresan pada bodi mobil Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya menggunakan satu ember air

3. Hanya menggunakan satu ember air
Sebetulnya Anda tidak perlu menggunakan puluhan liter air, hanya perlu 2 ember. Satu ember untuk air sabun dan air untuk membilas. Sehingga satu ember tentulah kurang.

4. Tidak membersihkan dari arah atas ke bawah
Cara yang tepat untuk menggosok body mobil adalah dari atas ke bawah, kanan ke kiri. Salah jika Anda menggosok dari arah bawah ke atas atau kiri ke kanan.

5. Tidak membersihkan kabel dan antena
Kabel dan antena mungkin merupakan bagian terkotor dari mobil. Namun seringkali bagian ini terlupa untuk ikut dibersihkan.

3 dari 3 halaman

Menurunkan kaca jendela sebelum kering

6. Menurunkan kaca jendela sebelum kering
Tahukah Anda mobil membutuhkan waktu dua sampai tiga jam untuk benar-benar kering? Kebanyakan orang tidak tahu dan menurunkan kaca jendela sebelum mobil benar-benar kering sehingga ada air yang turun dari jendela ke body mobil yang baru saja dicuci.

7. Melupakan karpet dan dashboard mobil
Karpet dan dashboard juga merupakan bagian terkotor dari interior mobil. Sehingga ini tidak seharusnya luput dari perhatian Anda. Untuk karpet, Anda dapat membersihkan dengan vacum cleaner, sedangkan dashboard bisa diusap dengan kain basah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini