Sukses

Es Palu Butung dan Es Pisang Ijo, Kembar Tapi Tak Sama

Liputan6.com, Jakarta Makassar merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan masakannya yang enak. Makanan yang biasa disajikan oleh daerah ini adalah makanan dengan rempah yang kuat. Namun, daerah ini ternyata juga kaya akan makanan dengan rasa manis, seperti es pisang ijo. Siapa yang tidak tahu es pisang ijo? Es pisang Ijo merupakan minuman yang menjadi kebanggaan masyarakat Makassar. Es ini terbuat dari pisang, tepung beras, dan vla. Rasanya sangat segar dan gurih.



Selain es pisang ijo, Makassar juga menyimpan variasi es lainnya yang tidak kalah lezatnya, yaitu es palu butung. Keluarga terbaru dari sajian es milik daerah Makassar ini terbuat dari pisang kukus yang ditambahkan susu dan santan. Rasanya segar dan sangat cocok diminum saat siang hari, untuk mengusir dahaga atau bisa juga sebagai minuman berbuka puasa. Sekilas keduanya sama, namun ternyata terdapat perbedaannya.

Bahan dasar yang digunakan kedua es ini sama, yaitu pisang raja atau pisang kepok yang sudah matang. Kemudian pisang dikukus dan dipotong-potong. Menyajikannya juga mudah. Anda hanya perlu menyusunnya di piring atau mangkuk, setelah itu tambahkan vla yang terbuat dari tepung beras. Untuk menambahkan rasa gurihnya, tambahkan sirup dan susu. Semua proses pembuatan kedua es ini sama, Lantas apa beda es palu butung dan Es pisang ijo? 



Perbedaannya terletak pada pembungkus adonan kulit pisangnya. Jika es pisang ijo dibalut bungkusan adonan berwarna ijo lalu dikukus, maka es palu butung tidak dibungkus dengan adonan. Itulah alasan mengapa es ini diberi nama es pisang ijo. Adonan pembungkus pisang ijo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur santan serta kombinasi air daun suji dan daun pandan untuk memberikan warna hijau pada adonan.

Nah, selain itu masih ada perbedaan antara kedua es khas Makassar ini, yaitu pada jenis pisangnya. Es pisang ijo biasanya menggunakan pisang kepok, sementara es palu butung menggunakan pisang raja. Namun ada juga msyarakat yang membuatnya dengan kedua jenis pisang ini. Memang tidak masalah namun rasanya akan berbeda dan kurang sempurna. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri es khas Makassar ini, berikut resep membuat Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung, dilansir dari resepmakananpedia.com, Rabu (6/5/2015). (mit/ret)

2 dari 3 halaman

Resep Es Pisang Ijo

Resep Es Pisang Ijo

Bahan-bahan:

    6 buah pisang raja matang
    50 gram tepung beras
    175 gram tepung beras, ayak
    100 ml air daun suji atau pewarna makanan (secukupnya)
    300 ml air
    ½ sendok teh garam

Saus sebagai kuah:

    650 ml santan
    50 gram tepung terigu
    75 gram gula pasir
    1 lembar daun pandan, ikat simpul
    ¼ sendok teh garam

Pilihan Pelengkap Penyajian:

    Cokelat meses
    Serutan keju cheddar
    Susu kental manis
    Sirup strawberry
    Es serut

Cara Membuat:

1. Campurkan air, tepung beras, air daun suji atau pewarna makanan dan garam jadi satu. Masak dengan api yang sedang, sambil diaduk sampai mendidih. Aduk hingga merata dan adonan menjadi lembut. kemudian angkat.

2. Tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit ke dalam adonan lalu aduk hingga adonan menjadi kalis.

3. Ambil adonan menjadi 6 bagian lalu bentuk bulat dan tipiskan dengan ketebalan kurang lebih  0,5 cm. Balut pisang dengan adonan sampai tertutup rata, kemudian kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan.

4. Untuk membuat saus es pisang ijo. Campurkan santan, tepung terigu, gula pasir, daun pandan, dan garam jadi satu. Masak semua bahan dengan api sedang, sambil diaduk sampai mendidih, lalu dinginkan.

5. Untuk cara penyajiannya, ambil 1 buah pisang ijo kemudian potong-potong, letakan pada piring atau mangkuk dan siram dengan saus pisang ijo. Tambahkan es serut dan pelengkap sajian sesuai selera.

6. Es pisang ijo Makassar Segar siap disantap.

3 dari 3 halaman

Resep Es Palu Butung

Resep Es Palu Butung

Bahan-bahan:

    Pisang 1 buah
    Tepung Beras secukupnya
    Santan 100 ml
    Air 150 ml
    Daun pandan 1 lembar
    Es serut secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus pisang. Setelah matang, potong-potong. Campur semua bahan lainnya, masak dan aduk-aduk sampai mendidih dan mengental. Setelah kental, angkat dan pindahkan ke wadah lain.

2. Tata es batu yang sudah dihancurkan ke dalam mangkuk. Masukkan pisang yang sudah dipotong-potong, kemudian siram dengan saus dan siram dengan sirup coco pandan.

3. Inilah es palu butung, temannya es pisang ijo. Selamat mencoba.