Sukses

Teh Talua, Teh Para Bangsawan Sumatera Barat

Liputan6.com, Jakarta Minuman teh talua ini berasal dari Sumatra Barat. Menurut bahasa tradisional Sumatra Barat, Talua berarti telur. Teh talua adalah minuman teh yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung atau bebek, kemudian ditambahkan susu dan gula. Berdasarkan cerita rakyat di Sumatera Barat, konon, teh talua dikenal dengan teh yang disajikan spesial untuk para bangsawan. Tidak sembarang orang dapat meminumnya. Namun, sekarang semua orang dapat merasakanan nikmatnya teh talua. Anda dapat membuat nya sendiri dirumah atau membelinya di kedai-kedai.

Teh talua memiliki lapisan yang membuat sajiannya semakin menarik layaknya tampilan minuman di cafe. Lapisan paling bawah berwarna kecoklatan, yang di tengahnya berwarna putih, dan di atasnya dilapisi busa. Cara membuatnya juga mudah. Anda hanya perlu mengaduk kuning telur terlebih dahulu hingga berbusa. Kemudian tambahkan seduhan air teh dan susu kental manis. Untuk menghilangkan bau amisnya, Anda dapat menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.

Nah ada fakta penting dari minuman lezat khas Sumatra Barat ini, teh talua diyakini dapat menambah stamina. minuman ini dapat memperbaiki kondisi tubuh yang menurun, kemudian memberikan tenaga lebih untuk beraktifitas. Dibalik kelezatan yang dimilikinya, minuman ini menyimpan banyak manfaat. Dulunya, hanya kaum tua lelaki minang yang menyukai minuman ini, namun, sekarang kaum muda lelaki minang mulai menikmati nya. kedai-kedai teh talua pun sudah banyak bermunculan dan didesain mengikuti selera anak muda.

Pisang goreng tepat dijadikan teman minum teh talua

Teh talua paling asik diminum bersama teman-teman dan rekan kerja. Untuk teman minumnya, Anda dapat menikmati teh talua bersama pisang goreng panas. Jadi jika Anda ingin merasakan nikmatnya teh talua dengan nuansa ranah minang ini, Anda dapat berkunjung dan mencicipi langsung di tempat asalnya, Sumatra barat. (mit/ret)

Loading