Sukses

Kiat Merancang Ruangan Asimetris

Berikut adalah kiat merancang ruangan asimetris di rumah.

Liputan6.com, Jakarta- Ruang yang tidak simetris memang menantang untuk didekorasi. Para desainer umumnya menggunakan “area simetris” di tengah ruangan untuk menimbulkan kesan simetris. Namun, ada beberapa cara lain yang bisa ditempuh, di antaranya mencocokkan furnitur, menyelaraskan warna, dan memasang aksesori sejenis di satu titik.

Dilansir melalui laman Rumah.com, berikut adalah kiat merancang ruangan asimetris: (liz)

1. Bentuk asimetris ruangan akan terlihat dari pasangan lantai keramik, terutama di bagian yang berbatasan dengan dinding. Untuk menetralisir kesan tersebut, Anda dapat memasang keramik dengan pola diagonal.

2. Perhatikan kondisi ruangan dari setiap sudut, kemudian tentukan focal point (titik fokus), seperti ranjang atau jendela berbentuk unik. Hal ini akan membantu Anda menentukan area yang akan didekorasi secara simetris.

3. Tentukan furnitur yang akan dapat digunakan dalam susunan simetris, seperti sepasang kursi kecil yang identik, sepasang nakas dan lampu meja, atau sofa dengan warna yang sama.



4. Letakkan furnitur tersebut di sekitar titik fokus. Misalnya, menempatkan nakas di kanan-kiri kepala tempat tidur dengan simetris. Atau Anda bisa menempatkan sepasang tempat lilin atau vas bunga berwarna sama di salah satu sudut.

5. Gunakan sebuah furnitur sebagai pusat dari bagian simetris tersebut. Di kamar tidur, Anda dapat menempatkan ranjang sebagai pusat. Untuk menciptakan suasana yang simetris, cat furnitur-furnitur tersebut dengan warna yang sama.

6. Di ruangan kecil, Anda dapat mempertimbangkan furnitur—bahkan yang berukuran kecil—sebagai pusat susunan simetris. Misalnya, menempatkan sofa di sisi meja kecil dan dua kursi berlengan di seberangnya. Tambahkan pula hamparan karpet di bawah meja untuk memperkuat kesan simetris.

7. Penggunaan warna senada merupakan cara untuk membuat ruangan terlihat simetris. Secara umum, menyederhanakan warna ruang adalah langkah pertama. Tambahkan warna dasar dengan warna netral seperti putih atau krem serta satu warna aksen. Hal ini akan membawa mata dari satu titik ke titik lain tanpa teralih.

8. Mengelompokkan aksesori dengan bentuk tertentu juga dapat menambah kesan simetris bagi ruangan. Misalnya, menempatkan susunan botol kecil, mangkuk, dan vas. Anda juga dapat mengatur bingkai-bingkai foto dalam pola berbentuk L. Untuk kesan keseimbangan, jangan memasang frame foto berukuran sama.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini