Sukses

3 Tips Jitu Saat Belanja Suvenir

Berikut adalah tiga tips belanja suvenir. Salah satunya adalah beli barang yang benar-benar unik.

Liputan6.com, Jakarta- Saat berlibur ke tempat-tempat wisata, biasanya Anda akan tertarik untuk membeli suvenir sebagai oleh-oleh. Bagaimana tidak, hampir semua tempat wisata menawarkan suvenir milik mereka untuk Anda bawa pulang ke rumah. Dengan banyaknyanya suvenir yang dijajakan, maka keinginan untuk membelinya pun akan semakin besar.

Masalahnya, karena tidak direncanakan, terkadang belanja suvenir bisa menjadi berlebihan sehingga membuat uang cepat menipis. Nah, untuk itu, sebelum membeli suvenir pun Anda perlu tahu tips-tipsnya.

Mau tahu apa saja tips belanja suvenir? Berikut ulasannya seperti dikutip dari CN Traveler, Jumat (1/1/2015).

 

1. Rencanakan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan bahwa belanja suvenir masuk dalam agenda Anda. Dengan memasukkan agenda belanja suvenir, maka Anda pun harus mengalokasikan anggaran untuk itu.

Akan lebih baik jika Anda mengetahui persis suvenir khas di tempat yang mau Anda tuju dengan mengunjungi blog-blog yang pernah mengulas tentang suvenir tersebut. Dengan mengetahui pengalaman orang, maka Anda dapat mengetahui berapa harganya dan dapat mengalokasikan anggaran dengan pas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikuti Insting

2. Ikuti insting

Mungkin Anda memiliki rencana perjalanan yang terbaik, tetapi misalnya, dalam perjalanan Anda menemukan suvenir yang sangat menarik tetapi tidak masuk dalam rencana perjalanan Anda. Apakah Anda harus membelinya? Pada titik inilah terkadang Anda memang perlu mempercayai insting.

Apakah tawar menawar berjalan dengan baik? Apakah saat itu adalah waktu yang tepat untuk membeli suvenir? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi panduan Anda untuk memutuskan apakah jadi membeli suvenir atau tidak.

 

3. Cari yang unik

Suvenir pada dasarnya adalah barang yang dapat mengingatkan Anda tentang tempat yang pernah dikunjungi. Karena itu, suvenir yang baik haruslah suvenir yang benar-benar asli dari daerah tersebut dan tidak bisa didapatkan dimanapun.

Jika ada suvenir yang mungkin bisa ditemukan di kota asal Anda, maka untuk apa membelinya? Tetapi, jika suvenir itu unik dan tidak ada dimanapun selain di tempat dimana Anda mendapatkannya, maka jangan ragu untuk membeli!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.