Sukses

Wijilan Ditutup, Ribuan Orang Nantikan Seribu Gudeg Gratis

Ribuan orang antusias ikuti Festival Gudeg Wijilan dimana seribu gudeg akan dibagikan gratis.

Liputan6.com, Yogyakarta- Ribuan orang antusias ikuti Festival Gudeg Wijilan. Ribuan orang ini menunggu seribu porsi gudeg yang dibagikan dalam acara sore hingga malam hari ini. Ketua panitia Agung Widodo mengatakan Festival Gudeg Wijilan ini bertujuan untuk mengangkat kembali gudeg sebagai ikon Kota Jogja. Selain itu juga untuk kegiatan ini sebagai wadah paguyuban gudeg Wijilan. Saat puncak acara Sultan HB X akan diwakili Gusti Prabukusuma adiknya hadir di Wijilan. Gusti Prabu menurut Agung akan membetikan pengharagaan kepada pelopor dan pedagang gudeg di wijilan.

"Mengangkat kembali primadona kota Yogyakarta. Acara dimulai sejak pukul 4 sore sampai jam 12 malam. Ini didasari untuk membentuk paguyuban para pelopor gudeg. Dan paguyuban ini punya hajat festival gudeg wijilan," ujar Agung Selasa (23/12/2014).

Sementara itu Chandra Setiawan ketua paguyuban gudeg wijilan menjelaskan festival ini untuk mendekatkan sesama pedagang gudeg di wilayah wijilan. Selain itu juga untuk mengenalkan pelopor dari gudeg yang ada di Wijilan.

"Ini akrabkan paguyuban Wijilan sudah puluhan tahun jualan gudeg. Ini juga untuk kenalkan pelopor gudeg," ujar Chandra.

Chandra berharap dengan kegiatan ini sesama pedagang akan tercipta kerjasama yang membangun untuk menaikkan pamor gudeg sebagai ikon kota Jogja.

"Di sepanjang wijilan saling bantu dan kolaborasi untuk majukan usaha. Kedepan mungkin ikon jogja lebih kuat," ujarnya.

Pantauan Liputan6.com sepanjang jalan Wijilan ditutup untuk kendaraan sehingga arus lalulintas menuju Wijilan padat. Warga berjalan kaki menuju ujung dari Jalan Wijilan. Walaupun panitia menyebut bagi bagi seribu gudeg gratis dilakukan pukul 19.00 wib. Warga yang datang melihat jalannya acara seperti sajian musik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.