Sukses

Minggu Ini, Ada Workshop Anak di Festival Layang-layang Yogya

Yogya akan menghadirkan workshop anak di Festival Layang-layang.

Liputan6.com, Yogyakarta- Bagi anda yang menyukai layang-layang ada kegiatan yng menarik di weekend ini. Yaitu lomba layang-layang di Pantai Glagah Kulonprogo pada 11-12 Oktober 2014. Hary Cahyo, Ketua Perkumpulan Perkarya Layang-layang Indonesia mengatakan kegiatan ini bertujuan mengingatkan bahwa layang-layang budaya bangsa Indonesia dan pemersatu bangsa.

Selain lomba ini nantinya juga ada workshop bagi anak-anak tentang layang-layang. Lomba ini bertujuan meningkatkan fisik anak melalui kegiatan layang-layang. Pasalnya saat ini banyak anak-anak yang cenderung memilih kegiatan yang hanya mengandalkan jari atau teknologi saja. Sementara kegiatan luar ruang yang membutuhkan gerak fisik juga dibutuhkan anak-anak. Pada workshop itu nantinya anak-anak akan diajari membuat layang-layang dan belajar menerbangkannya. Workshop akan digelar pada hari Minggu (12/10/2014).

"Workshop ini bertujuan meningkatkan dan menambah kecerdasan fisik dari anak-anak yang sekarang audah dilanda dengan kecerdasan jari. Jadi kegiatan merupakan terapan dari filosofi manusia termasuk mahluk beemain," ujar Hary.

Hary mengatakan pada lomba layang-layang Nasional 2014 ini diikuti 35 club layang-layang dari bwrbagai daerah seperti dari Jatim, Jateng, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara dan Riau. Lomba sendiri terbagi menjadi lima kategori yaitu layang-layang Traditional, Dua Dimensi, Tiga Dimensi, Naga Train dan kategori Rokaku Challenge.

"Selain itu juga ada eksebisi selama lomba. Ini terbuka buat semua orang. Sudah ada 35 club yang mendaftar," ujar Hary.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Arya Nugrahadi mengatakan kegiatan ini akan memperebutkan hadiah uang dan piala dari Gubernur DIY. Festival layang-layang ini bertujuan untuk menarik minat wisatawan yang ada di Kulonprogo. Dinpar DIY menargetkan sekitar tujuh ribu pengunjung di acara ini.

"Tahun lalu ada lima ribu pengunjung tahun sebelumnya 3.500 orang. Harapannya akan berimbas ke sektor yang lain selain pantai seperti hotel dan lainnya," ujarnya. (Fathi Mahmud/Cyn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.