Sukses

Pesawat Elvis Presley Akan Digusur

Selama 3 dekade, jutaan wisatawan dari seluruh dunia telah mengunjungi Graceland untuk menyaksikan dua pesawat milik Elvis Presley.

Liputan6.com, Florida- Selama 30 tahun, jutaan wisatawan dari seluruh dunia telah mengunjungi Graceland untuk menyaksikan dua pesawat yang pernah dimiliki oleh Elvis Presley. Para fans tersebut menikmati tur pesawat yang membawa mereka ke masa silam kehidupan sang raja Rock n Roll serta gaya hidup mewahnya.

Namun, mulai April tahun depan, dua buah pesawat bernama Lisa Marie dan Hound Dog II ini tidak akan berada di Graceland lagi. Elvis Presley Enterprises, yang mengoperasikan obyek wisata Graceland, telah menulis surat kepada pemilik pesawat dengan mengatakan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghapus jet dari Graceland oleh musim semi berikutnya.

Dua buah pesawat pribadi Presley ini telah menjadi daya tarik wisata sejak pertengahan 1980-an. Sayangnya, keduanya telah dijual setelah kematian Presley, dan akhirnya dibeli oleh OKC Partnership di Memphis. Pada saat itu, si pemilik baru setuju untuk 'menyewakan' dua jet tersebut ke Graceland. Imbalannya, berupa pembagian hasil dari penjualan tiket wisata tersebut.

Kontrak yang berlangsung selama 3 dekade tersebut akan berakhir tahun depan dan CEO Elvis Presley Enterprises, Jack Soden mengatakan bahwa perusahaan sedang melaksanakan opsi untuk mengakhiri perjanjian dan meminta OKG Partnership membuat pengaturan untuk penghapusan wisata pesawat dan restorasi area tersebut (Graceland) sesegera mungkin.

Penghapusan wisata pesawat ini jelas dapat menyebabkan kegemparan di kalangan penggemar, terutama mereka yang mengunjungi Graceland setiap tahun sebagai bagian dari 'ibadah tahunan' seperti acara Elvis Week dan Candle Light untuk memperingati kematian Presley.

Dilansir melalui Associated Press (AP), Kamis (17/7/2014), salah satu fans berat Elvis Presley, Paul Fivelson dari Algonquin, Illinois mengatakan, "Banyak orang yang datang ke Memphis setiap Minggu untuk melihat pesawat-pesawat itu di sana karena itu hanya bagian dari seluruh aura kehidupan Elvis. Apabila pesawat tersebut dihilangkan, saya yakin hal ini akan menuai banyak hujatan." Pengungkapan ini juga menimbulkan pertanyaan mengenai masa depan dimana pesawat sekarang berada, selain di seberang jalan dari rumah lama Presley. 

Pesawat pribadi pertama milik Presley diberi nama Lisa Marie, seperti nama putrinya. Bagian dalam pesawat ini memiliki kamar tidur yang besar, sistem stereo, ruang konferensi, dan perlengkapan kamar mandi berlapis emas. Pesawat Lisa Marie dibeli Presley dari Delta Airlines pada tahun 1975. Penerbangan pertamanya dilakukan pada bulan November 1975.

Sejarah pesawat ini tak berhenti sampai disitu saja. Ketika Presley meninggal pada 16 Agustus 1977, pilot Presley menerbangkan Lisa Marie ke California untuk mengambil mantan istri Presley, Priscilla Presley dan membawanya kembali ke Memphis. Pesawat kedua Presley berukuran lebih kecil, yang diberi nama Hound Dog II.

Coker (76), salah satu pengurus dari OKC Partnership mengatakan kepada Daily Mail bahwa perusahaan mungkin saja dapat menjual pesawat jika mereka dihapus dari Graceland, tapi ia masih berharap untuk menegosiasikan ulang kesepakatan untuk meletakkan pesawat pada tempatnya. Meski tentu saja, Coker juga mengakui bahwa ia dan rekan-rekannya akan kehilangan uang dari penjualan tiket jika tur pesawat akan dihapus. "Saya akan senang melihat pesawat tinggal di mana mereka berada selamanya," kata Coker. "Jutaan penggemar telah melakukan tur kedalam pesawat tersebut dan ada hubungan yang nyata antara fans dan orang dan pesawat. Kedua pesawat itu adalah adalah bagian dari pengalaman Elvis." 

Hingga saat ini, pihak Elvis Presley Enterprises masih menolak berkomentar langsung. Namun menurut kabar, pihak Elvis Presley Enterprises berencana untuk membangun sebuah hotel 450 kamar, teater dan restoran, yang diproyeksikan akan selesai pada Agustus 2015. Rencana ini telah disetujui oleh Dewan Kota Memphis. (Liz)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.