Sukses

Perayaan Khusus Anak-anak yang Bisa Menulis Pertama Kali

Di Tiongkok ada perayaan unik khusus anak-anak, yakni ketika mereka bisa menulis untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Jilin Di Tiongkok ada perayaan unik khusus anak-anak, yakni ketika mereka bisa menulis untuk pertama kalinya.

Festival yang diberi nama Qi Meng ini merupakan salah satu upacara festival terpenting bagi anak-anak di Tiongkok sejak dulu kala. Qi Meng biasanya dilakukan sebelum anak-anak memasuki sekolah dasar di seluruh daratan Tiongkok.

Dalam Qi Meng, anak-anak yang dianggap lulus dalam pelajaran menulis, akan diberi tanda berupa titik merah di keningnya yang menandakan mata yang bijaksana. Selain itu, anak-anak tersebut juga akan memperoleh sertifikat 'kelulusan' yang menunjukkan bahwa mereka sudah bisa menulis dasar.

Menulis, terutama huruf klasik merupakan hal terpenting bagi setiap masyarakat Tiongkok. Meski sejumlah orang tua jaman dulu banyak yang tidak mengenyam pendidikan tinggi, namun hampir seluruh penduduk Tiongkok dapat menulis dan membaca.

Festival yang diselenggarakan setiap tahun ini dapat diadakan di berbagai tempat, tergantung pada lokasi dan sekolah yang mengadakannya. Namun, kebanyakan diadakan di kuil yang menandakan kesucian upacara ini dalam menghormati Confusius.

Anak-anak pun diwajibkan mengenakan pakaian tradisional ketika menghadiri upacara ini. Selain itu, sebelum upacara selesai, keahlian menulis mereka juga akan diuji kembali dengan menulis sejumlah kata yang dianggap di hadapan 'Dewa Langit'.

Di Jilin, salah satu provinsi di Tiongkok, upacara ini diadakan di Confusius Temple, akhir pekan lalu. Upacara ini diikuti sekitar 100 anak-anak yang tinggal di kota tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.