Sukses

Pantai Sulamadaha Ternate, Favorit untuk Diving dan Snorkling

Pasirnya yang hitam dengan ombaknya yang besar menjadi daya tarik lain dari Pantai Sulamada.

Liputan6.com, Ternate Belum banyak orang  mengetahui kalau Pulau Ternate yang terletak di Provinsi Maluku Utara menyimpan panorama bahari yang luar biasa. Salah satunya adalah keindahan  pantai Sulamadaha. Berjarak 14 kilometer dari pusat Kota Ternate, pantai yang selalu ramai dikunjungi di akhir pekan ini juga menjadi lokasi favorit untuk aktivitas diving dan snorkling.

 



Pantai Sulamadaha terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate. Untuk menempuh lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Memasuki lokasi pantai, pengunjung wajib membayar karcis Rp 2.500 per orang.

Pasirnya yang hitam dengan ombaknya yang besar menjadi daya tarik lain dari pantai Sulamada.  Untuk menuju lokasi diving atau snorkling, yang disebut masyarakat setempat dengan hol, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit melawi jalan menanjak.

Meskipun jalan menuju Hol  bisa dilalui sepeda motor, namun lebih banyak yang memilih jalan kaki sembari menikmati panorama pantai. Sepanjang perjalanan, banyak ditemui warung-warung yang menjual makanan dan minuman seperti mi instan, pisang goreng mulut bebek dan kelapa muda.

 



Setibanya di Hol, pengunjung akan disugukan pemandangan berbeda. Hol yang masih merupakan bagian pantai Sulamadaha memiliki dua warna air yaitu bening dan biru kehijauan. Airnya yang jernih membuat wisatawan tak melewatkan kesempatan menyelam.

Salah satu wisatawan asal Gorontalo, Hidayat Ilahude ditemui Liputan6.com mengaku, pantai Sulamadaha menjadi lokasi favorit snorkling baginya selama berada di Ternate. Di Hol berbagai jenis ikan seperti, Ikan Jagungan atau Harleyquin filefish, Ikan buntal dan ikan Kerapu Tutul serta  terumbu karang bisa dilihat.

"Sangat menyenangkan menyelam di pantai Sulamadaha, kita bisa melihat aneka ikan dan terumbu karang. Namun memang ada beberapa lokasi yang terumbu karangnya sudah rusak. Tapi tidak menyurutkan kegemaran menyelam di tempat ini," terang Hidayat Ilahude seperti ditulis Minggu (27/4/2014).

 



Selain menyelam, pengunjung juga bisa menikmati permainan air seperti Banana Boat. Setiap orang dikenakan tarif Rp 35.000 untuk mencoba wahana ini.


(Foto : Niar Cahyani Kariem)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini