Sukses

Bikin Ayam Panggang Oriental Sendiri di Rumah, Mudah!

Pada umumnya charsiu adalah olahan daging babi dengan menggunakan saus berwarna merah yang bercitarasa gurih, asin, dan manis. Di Indonesia, daging diganti dengan ayam namun dibumbui dengan cara yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Chicken charsiu memang banyak ditemukan di restoran China, tapi siapa yang menyangka kalau resep ayam yang satu ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Yuk intip bahan-bahan dan cara buatnya.

Pada umumnya charsiu adalah olahan daging babi dengan menggunakan saus berwarna merah yang bercitarasa gurih, asin, dan manis. Ini menjadi salah satu hidangan favorit di China.

Namun di Indonesia, olahan daging babi diganti menjadi daging ayam dengan menggunakan saus serupa. Cukup banyak saus charsiu yang beredar di supermarket, namun jika kamu hanya makan makanan halal, pastikan saus charsiunya berlabel halal, ya.

Jika kamu sudah mendapatkan saus charsiu yang sesuai, kamu bisa mulai membuat ayam charsiu sendiri di rumah. Karena hidangan yang satu ini cukup mudah dan praktis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep Ayam Charsiu

Bahan:

300 gr paha ayam boneless

1 sdm charsiu saus lee kum kee

1 sdm saus tiram

1 sdm brown sugar

1 sdm dark soy sauce

2 siung bawang putih cincang

1 sdt lada putih

Saus:

1 sdm charsiu saus lee kum kee

1 sdm kecap asin

30 ml air

Cara:

1. Bersihkan ayam. Marinasi dengan menggunakan charsiu saus lee kum kee, saus tiram, brown sugar, dark soy sauce, bawang putih cincang, dan lada putih. Campur sampai rata, sisihkan. Diamkan ayam setidaknya 30 menit. 

2. Panaskan pan, tuang sedikit minyak dan panggang ayam di atas api kecil.

3. Masukan sisa marinasi ke atas pan setelah ayam 3/4 matang. Angkat, tiriskan. 

4. Sajikan dengan nasi hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.