Sukses

Libur Lebaran, Tingkat Kunjungan Telaga Sarangan Diprediksi 10.000 Per Hari

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan, memprediksi tingkat kunjungan ke Telaga Sarangan dapat mencapai 10.000 pengunjung per hari

Liputan6.com, Magetan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan, memprediksi tingkat kunjungan ke Telaga Sarangan dapat mencapai 10.000 pengunjung per hari, terutama di tanggal 3-4 Mei yang menjadi puncak kunjungan wisata di telaga berjuluk Telaga Pasir itu.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Joko Trihono, dan menyebut kunjungan wisata per pukul 12.00 , telah mencapai 5.000 orang lebih.

“Saya prediksi sampai sore nanti bisa mencapai 10.000 pengunjung. Saat ini pengunjung masih keluar masuk. Arus menuju ke sini juga masih lancar. Pengunjung yang masih di dalam telaga saat ini sekitar 3.000-an,” kata Joko seperti dilansir dari Beritajatim, Selasa (4/5)

Sementara itu, untuk kapasitas maskimal  Sarangan masih bisa menampung hingga 20.000 namun, pihaknya tetap membatasi yakni maksimal hanya sampai 15.000. Selain demi kenyamanan pengunjung, diharapkan dengan pembatasan, kunjungan ke lokasi wisata yang lain bisa lebih merata.

Joko menyebut ada 4 destinasi favorit di Magetan. Selain Sarangan ada Taman Wisata Genilangit, Mojosemi Forest Park, dan Kebun Refugia. Jika empat lokasi itu sudah hampir penuh, maka akan segera disiarkan ke radio agar calon pengunjung tahu dan segera memilih lokasi wisata yang lain.

“Tidak menutup kemungkinan kalau ada sistem buka tutup. Tergantung dari kondisi kunjungan wisata. Kami sudah membangun koordinasi dengan pengelola wisata di daerah penyangga, agar bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi kunjungan tak hanya terpusat di empat lokasi,” katanya.

Untuk itu, Joko menargetkan sepanjang tanggal 3-7 Mei. bisa merata dan segala persiapan sudah dilakukan. Selain meratakan jumlah kunjungan wisata, dia mengharap dengan adanya kunjungan ke wisata penyangga arus lalu lintas tidak terhambat.

Selain itu, dia meminta kepada seluruh pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Utamanya tetap memakai masker saat berkunjung ke lokasi wisata dan tidak berkerumun di satu tempat. Pun, bagi pengunjung yang belum menjalani vaksinasi bisa menjalani vaksinasi di gerai vaksin yang sudah tersedia

Simak juga video pilihan berikut ini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.