Sukses

Hampir 900 Personel Amankan Mudik Lebaran di Banyuwangi

Untuk mengamankan mudik Lebaran, setidaknya 889 personel dikerahkan dalam operasi ketupat tahun ini yang tersebar di wilayah Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Setelah dua tahun masyarakat tidak bisa melaksanakan tradisi mudik karena pembatasan akibat pandemi Covid-19, tahun ini pemerintah melonggarkan dan memperbolehkan masyarakat untuk mudik.

Untuk mengamankan mudik Lebaran, setidaknya 889 personel dikerahkan dalam operasi ketupat tahun ini yang tersebar di wilayah Banyuwangi.

"Jumlah tersebut merupakan petigas gabungan, yakni TNI-Polri, dan stake holder terkait," kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasribu.

Ia menyebut tersdapat 222 objek yang diawasi dalam aktivitas mudik kali ini, yakni 6 terminal, 36 tempat wisata, 8 stasiun, 3 pelabuhan, 1 Bandara, 147 masjid, dan 8 pusat perbelanjaan.

Pihaknya juga menyiapkan 8 Pos pengamanan dan 11 Pos pelayanan di sepanjang jalur arus mudik Lebaran 2022. Di tiap pos pelayanan juga dibuka gerai vaksinasi.

"Bagi pemudik yang belum vaksin, bisa langsung divaksin dilokasi," kata Nasrun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Pemudik

Kemudian, dalam mudik kali ini sesuai intruksi pemerintah, tidak ada penyekatan. Namun ia mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal agar menghindari kepadatan.

Sementara Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta seluruh pihak di Banyuwangi untuk bersiap menyambut pemudik.

Setelah dua tahun menahan rindu untuk pulang kampung, lanjutnya kini pemerintah memperbolekan masyarakat untuk mudik.

"Teman-teman TNI dan Polri berupaya memberikan rasa aman. Kami dari Pemkab Banyuwangi akan berusaja memberikan layanan yang terbaik pada pemudik," kata Ipuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.