Sukses

Bupati Mojokerto Tarik Rem Darurat, Ada Apa?

Bupati Mojokerto terus melakukan upaya maksimal untuk segera merampungkan vaksinasi dosis 1 dan terus melakukan testing

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Mojokerto masuk dalam Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 bersama 11 Kabupaten atau Kota di Jawa Timur lainnya.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menuturkan ada sejumlah penyebab meningkatnya level, oleh karena itu pihaknya hanya menyesuaikan dengan Inmendagri 10, sudah ada pembatasan pembatasan yang harus pihaknya laksanakan.

Meskipun demikian, gelombang tajam terjadi disebabkan oleh varian omicron yang miliki tingkat penyebaran lebih tinggi dibandingkan dengan varian lainnya.

"Meskipun penyebarannya tinggi tapi tingkat fatality rate nya rendah, hanya saja yang perlu diantisipasi tingkat penyebarannya aja," paparnya, Selasa (15/2/2022).

Melihat kondisi tersebut, Ikfina terpaksa tarik rem darurat covid-19. Dia menjelaskan, tingginya catatan kasus tersebut tidak diimbangi dengan jumlah rawat inap yang tinggi.

"Mayoritas orang yang terpapar Covid-19 tidak disertai gejala yang menyebabkan jumlah rawat inap sangat rendah,“ bebernya.

Dia mengaku tidak mendapat penjelasan terkait apakah pemerintah masih menerapkan kebijakan penentuan level berdasarkan aglomerasi. Namun sejauh ini pihaknya mempedomani indikator capaian vaksin dan enam indikator lainnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BOR

“Jumlah indikatornya ada enam diantaranya tiga indikator kasus dan tiga indikator lainnya yakni respon," ungkapnya.

Menurutnya terkait tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) dan rawat inap masih aman. Pemkab Mojokerto menyiapkan sembilan Rumah Sakit (RS) rujukan dan tiga ruang Isolasi Terpusat (Isoter).

"Untuk capaian vaksin dosis 1 sudah lebih dari 90 persen, dan capaian vaksin untuk lansia sudah 68 persen," ucapnya.

Agar bisa kembali pada tingkatan level yang lebih rendah, pihaknya terus melakukan upaya maksimal untuk segera merampungkan vaksinasi dosis 1 dan terus melakukan testing.

Selain itu juga dirinya meminta kepada masyarakat Kabupaten Mojokerto untuk disiplin protokol kesehatan agar dapat menekan jumlah kasus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.