Sukses

Survei LKPI Soal Pilwakot Cilegon 2024, Ini Hasilnya

Pengambilan data menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.480 responden dari populasi DPT pemilihan umum 2024 sebanyak 324.562 pemilih yang tersebar secara proposional di 43 Kelurahan di Kota Cilegon.

Liputan6.com, Cilegon - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 tinggal menghitung bulan, sejumlah nama pun diisukan bakal maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Cilegon. Berdasarkan hasil pemetaan data Lembaga Kajian Pemilu Indonesia ( LKPI), muncul sejumlah nama yang siap meramaikan bursa calon wali kota Cilegon 2024

Nama yang dimaksud antara, lain Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Anggota DPRD Banten Dede Rohana Putra , Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta, Ketua DPD Golkar Cilegon, Ratu Ati Marliati, Isro Mi’raj yang merupakan Sekretaris DPD Golkar Cilegon, Caleg DPRD Kota terpilih dari Partai Golkar Robinsar serta Ketua DPD PAN Cilegon, Alawi Mahmud.

“Tentu saja sangat menarik bagi LKPI untuk melakukan penelitian dengan metode survei kepada masyarakat Kota Cilegon untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap para tokoh tokoh tersebut dalam pemilihan wali kota Cilegon pada November 2024,” ujar Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis.

Pengambilan data  menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.480  responden dari populasi DPT pemilihan umum 2024 sebanyak 324.562 pemilih yang tersebar secara proposional di 43 Kelurahan di Kota Cilegon. Survei yang dilakukan pada 15 sampai 25 Mei 2024 ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,49 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari hasil penelitian didapati bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian mencapai 88,3 persen.

Sementara itu, hasil survei juga mendapati terkait sepuluh janji kampanye wali kota dan wakil walikota terpilih pada Pilwakot yang lalu, mayoritas masyarakat kota Cilegon sebanyak 80,7 persen menilai  mampu melaksanakan janji kampanye yang disampaikan dalam  Pilwakot Cilegon 2020.

Adapun tingkat penerimaan masyarakat Kota Cilegon terhadap nama Helldy Agustian paling tinggi untuk posisi calon wali kota Cilegon pada tahun 2024 berada di angka 79,8 persen. kemudian disusul oleh Ratu Ati Marliati 63,8 persen dan Sanuji Pertamarta 60,8 persen, Isro Mi'raj 56,8 persen, Alawi Mahmud 42,7 persen, Ade Rohana Putra 37,8 persen dan Robinsar 37,7 persen.

Menanggapi hasil survei LKPI, pengamat politik Banten, Bambang Arianto menilai Helldy Agustian sebagai sosok yang dianggap masyarakat Cilegon mampu memimpin Cilegon.

" Helldy Agustian memang dianggap   masyarakat mampu memimpin Cilegon," kata Bambang kepada awak media, Senin (3/6/2024).

Menurut Bambang, Helldy Agustian juga telah memiliki banyak pengalaman dalam mengurus Cilegon selama menjadi wali kota Cilegon, maka kepercayaan itu membuat masyarakat Cilegon ingin Helldy kembali menjadi wali kota Cilegon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.