Sukses

Talenta, Kolaborasi Tingkatkan Keterampilan Digital   

Selama program tersebut, para startup berpartisipasi dalam kelas pleno, panel, dan lokakarya dengan mentor, fasilitator, dan pembicara dari berbagai latar belakang keahlian teknis.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengembangan Internasional Amerika Serikat (Usaid) bersama Amazon Web Services (AWS) dan Elitery sebagai penyedia layanan teknologi informasi meluncurkan program Talenta. Program ini  mempercepat transformasi Indonesia ke arah ekonomi digital.

Corporate Secretary PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) Astrid Erawan menjelaskan AWS  dan Elitery berkolaborasi memperkuat ekosistem digital Indonesia, dengan menghasilkan 60 ribu lulusan terampil dari 20 universitas dan mendukung pertumbuhan 100 startup digital.

"Diperkirakan dari 2015 hingga 2030, Indonesia akan mengalami peningkatan permintaan tenaga kerja yang memiliki keahlian digital handal," kata Astrid dalam siaran persnya, Senin (30/10/2023).

Ia mengatakan program Talenta bekerja sama dengan berbagai universitas untuk memperkuat tenaga kerja bidang cloud computing di Indonesia. Pada kuartal ketiga 2023 ini, program Talenta menargetkan 7.000 mahasiswa dan melampaui target yang ditentukan dengan partisipan sebanyak 13.392 mahasiswa.

Partisipan berasal tujuh universitas yakni Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Bengkulu (Unib), Universitas Kuningan (Uniku), UIN Ar-raniry, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

"Selain itu, 32 startup bergabung pada program akselerasi startup Talenta yang mencakup penilaian, bootcamp, dan persiapan presentasi bisnis," ucapnya.

Selama program tersebut, para startup berpartisipasi dalam kelas pleno, panel, dan lokakarya dengan mentor, fasilitator, dan pembicara dari berbagai latar belakang keahlian teknis.

Para peserta juga memiliki kesempatan melakukan kompetisi usaha, demo day and community. AWS menyediakan layanan cloud bulanan, dukungan teknis, dan akses ke program AWS yang akan meningkatkan kemampuan peserta untuk mengatasi tantangan sektor publik.

"Program ini terbuka bagi startup yang ingin mengembangkan solusi berbasis inovatif cloud pada sektor publik di bidang pendidikan, kesehatan, keamanan publik, dan keberlanjutan," tutur Astrid.

Ia memaparkan sebagai langkah pertama program universitas, Talenta ikut serta dalam Upacara Pembukaan Tahap Persiapan Bersama (TPB) di Universitas Padjadjaran (Unpad), di Jatinangor, Jabar, 12 September.

Pada acara ini, Talenta jadi bagian peluncuran program TPB di Unpad. Salah satu tujuan program TPB adalah Gerakan Literasi Digital dan Talenta aktif mendukung Unpad untuk mencapai tujuan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini