Sukses

Majukan Pelaku UMKM, MIND ID Kenalkan Produk di Berbagai Gelaran Nasional hingga Internasional

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui lima anggota grupnya mengenalkan produk mitra binaannya dalam helatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023.

Liputan6.com, Surakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui lima anggota grupnya mengenalkan produk mitra binaannya dalam helatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023. Acara dilaksanakan selama dua hari di Palu, Sulawesi Tengah mulai 5-6 Agustus 2023 dan Hari UMKM Nasional 2023 yang dilaksanakan di Surakarta, Jawa Tengah pada 10-13 Agustus 2023.

Selain itu, aneka produk mitra binaan Anggota Grup MIND ID yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk, pun mangkal dalam gelaran dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional 2023 tersebut. Grup MIND ID hadir membawa lebih dari 20 produk UMKM binaan sektor makanan dan minuman.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, hingga kini Grup MIND ID sudah memiliki lebih dari 12 ribu mitra binaan dengan rincian sebanyak 301 mitra tercatat sudah naik kelas pada akhir 2022. MIND ID berharap ke depan bisa terus menjalankan komitmennya dalam memajukan UMKM dan perekonomian lokal masyarakat Indonesia.

"Kami yakin pelaku UMKM mitra binaan Grup MIND ID akan mampu berkarya dan memberikan kontribusi nyata bahkan bisa masuk dalam rantai bisnis perusahaan hingga terciptanya model circular economy. Hal ini menjadi bentuk kontribusi kami melalui mitra binaan untuk kemajuan bangsa Indonesia," katanya.

Heri Yusuf menjelaskan, komitmen Grup MIND ID terhadap perkembangan pelaku UMKM menjadi bagian dari program keberlanjutan MIND ID terutama pada pilar society juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) khususnya pada poin delapan yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi terutama untuk ekonomi lokal agar lebih mandiri dan tidak bergantung pada keberlangsungan operasional pertambangan.

"Program Tanggung Jawab Sosial Masyarakat berbasis UMKM ini terus kami kembangkan hingga setiap mitra binaan bisa memiliki kesempatan untuk naik kelas melalui salah satu program kami yakni MINDTrepreneur. Tidak hanya bantuan modal saja yang kami berikan kepada mitra binaan UMKM melainkan fasilitas pendampingan dalam pengelolalan dan pengembangan bisnis setiap mitra binaan," tutur Heri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari UMKM Nasional

Pada kesempatan Hari UMKM Nasional 2023 di Surakarta, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut mengunjungi booth Anggota Grup MIND ID. Ganjar mengungkapkan, kemasan dari salah satu produk mitra binaan MIND ID cukup bagus dan dikemas secara menarik.

“Ini salah satu UMKM binaan MIND ID. Wah, kemasannya bagus ya,” ucap Ganjar.

MIND ID memang tidak hanya memberikan pendanaan dan perluasan pasar terhadap UMKM binaan, tetapi juga pendampingan langsung terhadap para pelaku UMKM.

Dalam kegiatan tersebut, salah satu Anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk mengenalkan produk mitra binaannya. Sebanyak lima mitra binaan PT Timah ikut menjajakan produk mereka dalam Gerakan Nasional BBI dan BBWI di Palu dan Hari UMKM Nasional 2023 yang dilaksanakan di Surakarta, Jawa Tengah.

Produk yang mejeng di helatan BBI dan BBWI serta acara peringatan Hari UMKM Nasional 2023 merupakan produk unggulan milik mitra binaan anggota Grup MIND ID PT Timah Tbk. Produk tersebut menjadi ciri khas Provinsi Bangka Belitung yang notabene merupakan bagian dari wilayah operasi Grup MIND ID.

Ada beberapa produk yang dikenalkan dalam kegiatan tersebut, meliputi kerajinan akar bahar, pewter timah, kerajinan decoupage, kopiah resam, dan kalung etnik. MIND ID melalui anggotanya PT Timah Tbk., selalu berkomitmen dalam memajukan UMKM di Tanah Air, khususnya di wilayah area operasi perusahaan.

Hal ini sebagai upaya mendukung promosi, penjualan, dan pemasaran produk UMKM dalam negeri. Grup MIND ID pun terus memantapkan diri sebagai penggerak ekonomi masyarakat melalui UMKM.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan Anggota Grup MIND ID PT Timah Tbk., Anggi Siahaan mengatakan PT Timah Tbk., terus berkomitmen untuk mendukung mitra binaan agar bisa naik kelas.

Bukti nyata yang sudah dilakukan anggota Grup MIND ID PT Timah Tbk., yakni melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang rutin memberikan pelatihan bagi mitra binaan. Selain itu PUMK pun memberikan pinjaman modal bagi para mitra binaannya.

"Empat produk mitra binaan yang dikirimkan dalam ajang BBI dan BBWI serta Hari UMKM Nasional merupakan produk khas Provinsi Bangka Belitung. Pewter merupakan salah satu kerajinan yang berbahan dasar timah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.