Sukses

YRKSA Yogyakarta Buka Kelas Pelayanan Woman Support Woman, Cek Cara Ikutnya

Kelas yang akan diselenggarakan di Rumah DAS Yogyakarta ini mengajak para peserta untuk mengenal, memahami, menerima diri sehingga menumbuhkan rasa saling dukung antar perempuan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berangkat dari kegelisahan atas mudahnya perempuan mendapat stigma dan sanksi negatif  dalam kultur sosial, Yayasan Rumah Kasih Sekartaji Ayuwangi (YRKSA) Yogyakarta berencana mengadakan kegiatan kelas pelayanan Woman Support Woman, Sabtu (29/7/2023).

Kelas yang akan diselenggarakan di Rumah DAS Yogyakarta ini mengajak para peserta untuk mengenal, memahami, menerima diri sehingga menumbuhkan rasa saling dukung antar perempuan.

“Butuh kesadaran bagi para perempuan untuk saling dukung, berhenti menghakimi dan mencela satu dengan yang lain. Di kelas ini kita bersama belajar bergerak untuk saling membantu perempuan sesederhana apapun itu,” ujar pendiri YRKSA, Sekartaji Ayuwangi, Rabu (19/7/2023).

Sekartaji atau sering dipanggil Arta melihat fenomena perempuan, baik itu berpendidikan tinggi atau tidak, kaya atau miskin, memiliki masalah yang sama. Misalnya berkaitan dengan isu reproduksi anak, masalah rumah tangga dan tekanan dari lingkungan bahkan orangtua.

Di sisi lain, tidak semua perempuan memiliki level kesadaran yang sama karena perbedaan faktor kongnitif, pola asuh, lingkungan bertumbuh, dan kesempatan mendapatkan pengetahuan dari ranah akademis maupun non akademis. Ditambah budaya konsumerisme, kapitalisme dan psikologis alamiah dasar manusia kemudian memunculkan kompetisi antar perempuan.

“Harapannya kelas ini dapat menumbukan kesadaran perempuan untuk mengenali dirinya, beserta perannya di berbagai sendi kehidupan. Karena ibu adalah tiang keluarga dan perempuan adalah tiang negara,” Pungkas Arta.

Kelas pelayanan ini juga merupakan rangkaian kegiatan pameran di Rumah DAS. Ruang yang menyediakan sarana pertumbuhan diri dalam aspek pengetahuan; seni, sosial, budaya bagi masyarakat. Untuk bergabung di kelas ini, peserta hanya perlu berkontribusi Rp11.111. Peserta akan mendapatkan konsumsi, tanaman herbal sebagai detoks dan pembersihan energi, serta terapi jiwa untuk melepas akar luka batin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini