Sukses

Selain Lip Balm, Ini Obat Alami untuk Merawat Bibir

Selain pelembap bibir, mengatasi bibir kering juga bisa menggunakan beberapa bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta - Karena kulit bibir menjadi bagian tubuh yang sensitif, maka bibir yang kering perlu ditangani dengan cara yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan obat alami.

Kulit bibir termasuk kulit yang sensitif karena memiliki lapisan pelindung yang lebih tipis daripada kulit pada area lain di wajah atau tubuh. Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang cukup untuk memproduksi minyak pelindung alami, sehingga lebih rentan terhadap kerusakan dan kekeringan.

Kulit bibir juga terpapar langsung pada lingkungan luar seperti sinar UV, udara kering, polusi, dan suhu ekstrem, yang dapat menyebabkan bibir menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan.

Oleh karena itu, penting untuk menangani bibir kering dan pecah-pecah dengan cara yang tepat. Selain menggunakan pelembap bibir, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa mengembalikan kelembapan bibir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Obat Alami untuk Bibir Kering

1. Madu

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam mampu dapat membantu mengatasi bibir kering dan baik untuk kesehatan bibir.

Caranya, oleskan sedikit madu pada bibir dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Madu akan membantu melembapkan bibir dan mencegah bibir pecah-pecah.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat membantu menghidrasi bibir.

Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada bibir sebelum tidur dan biarkan semalam. Kamu bisa membilas keesokan harinya untuk melihat perbedaannya.

3. Lidah buaya

Gel dari lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Caranya, oleskan sedikit gel lidah buaya pada bibir dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat.

4. Minyak almond

Minyak almond mengandung sifat emolien, yang dapat melembapkan dan baik untuk kesehatan bibir.

Caranya, oleskan sedikit minyak almond pada bibir dan biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung sifat antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan mempu membantu mengembalikan kelembapan bibir

Caranya, oleskan sedikit minyak zaitun pada bibir dan biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Minyak zaitun akan membantu melembapkan bibir dan mencegah bibir pecah-pecah.

Itu dia beberapa obat alami yang ampuh untuk mengembalikan kelembapan bibir. Kamu bisa menggunakannya secara rutin sebagai pengganti pelembap bibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.