Sukses

Para Shopaholic, Ini 7 Tips Aman Belanja Online

Belanja online memang praktis dan mudah. Meski praktis, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan transaksi secara digital.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online memang praktis dan mudah. Kamu hanya perlu check out dan membayarnya. Bahkan sistem pembayaran pun terbilang praktis. Hanya saja, belanja online bisa jadi petaka, jika kamu tak mengetahui trik dan tipsnya.

Belanja online memang menyenangkan dan memudahkan. Apalagi kamu tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk berkeliling toko. 

Kamu hanya perlu buka e-commerce favorit, dan mencari barang yang dibutuhkan. Check out, bayar, dan dalam beberapa hari barang sudah sampai di rumah.

Meski praktis, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan transaksi digital. Untuk itu kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut supaya kamu bisa belanja aman dan nyaman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Tips Belanja Online dengan Aman dan Nyaman

1. Pastikan website yang kamu kunjungi aman dan terpercaya 

Periksa apakah website memiliki kunci keamanan (padlock) di bilah alamat dan URL dimulai dengan "https://" (s bukan http). Website dengan kunci keamanan ini mengindikasikan bahwa koneksi kamu dengan website tersebut terenkripsi dan informasi yang kamu kirimkan akan tetap aman.

Jangan belanja di website yang tidak dikenal atau yang memiliki reputasi buruk. Carilah website yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik, atau yang direkomendasikan oleh orang yang kamu percayai.

2. Periksa informasi produk dengan seksama

Baca deskripsi produk, bahan, ukuran, warna, dan lain-lain dengan teliti untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan produk yang tepat.

4. Periksa kebijakan pengembalian barang

Pastikan bahwa website tersebut memiliki kebijakan pengembalian yang jelas dan mudah diikuti jika kamu memutuskan untuk mengembalikan produk.

5. Gunakan metode pembayaran yang aman 

Gunakan kartu kredit atau metode pembayaran yang memiliki lapisan keamanan tambahan seperti Paypal.

6. Jangan gunakan jaringan WiFi publik untuk belanja online

Gunakan jaringan yang aman dan terpercaya seperti jaringan WiFi di rumahmu. Lebih aman lagi, gunakan data internet pribadi kamu.

7. Jangan bagikan informasi pribadi

Ini termasuk nomor kartu kredit, password, atau informasi identitas penting lainnya melalui email atau pesan teks. Bagikan informasi tersebut hanya melalui website yang aman dan terpercaya.

Itu dia tips dan trik yang perlu kamu ketahui, supaya kamu bisa memenuhi hobi belanja online dengan aman dan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.