Sukses

Jurus Menjadikan Museum Jadi Destinasi Wisata Utama lewat Welcome Back To Museum

Liputan6.com, Yogyakarta - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY menggelar Back To Museum yang mempertemukan duta museum lintas generasi. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada 19 dan 20 November 2022.

Kegiatan silaturahmi antar angkatan Duta Museum DIY ini diawali dengan Museum Fashion Day. Kegiatan Museum Fashion Day (MFD) ini digelar di Museum Sonobudoyo.

Dalam sambutannya, Kepala Museum Sonobudoyo Setyawan Sahli mengatakan kegiatan reuni Duta Museum antar angkatan yang dikemas dalam Gathering Duta Museum ini selain kembali merekatkan silaturahmi juga bisa mempromosikan museum-museum yang ada di DIY.

Dalam laporan kegiatannya, Kepala Seksi Permuseuman Disbud DIY, Wismarini mengemukakan generasi muda pada saat ini sering kali menghabiskan waktu luangnya dengan jalan-jalan, nongkrong di kafe, bermain game, dan sebagainya. Masuknya era globalisasi secara perlahan mengikis dan menghilangkan  kebiasaan kita yang sudah lama ada.

“Oleh karena itu para anak muda pada saat ini sangat sedikit sekali yang tertarik pergi ke museum untuk mempelajari dan mengetahui  sejarah, padahal museum merupakan tempat yang memiliki sangat banyak nilai-nilai sejarah di dalamnya,” ucapnya.

Hal ini terbukti dengan sangat jarang orang yang menjadikan museum sebagai destinasi wisata mereka. Tetapi di negara-negara lain, museum merupakan tempat yang sangat sering dikunjungi karena nilai-nilai sejarahnya.

Pada hari kedua kegiatan Welcome Back To Museum diadakan gathering dan sharing session yang menghadirkan dua narasumber, Ayu Helena Cornellia (DUMUS 2014) dan Ria Putri Palupijati (DUMUS 2017). Sharing session ini membahas seputar flashback pemilihan Duta Museum Angkatan masing-masing, aktivitas masing-masing saat ini, pandangan terhadap peran IDM di permuseuman serta hal yang dapat dilakukan saat ini untuk kemajuan museum.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS