Sukses

Dicky Topan Meninggal karena Jantung Bengkak, Yuk Kenali Gejala dan Penyebabnya

Dicky Topan mengidap penyakit jantung bengkak ini selama kurang lebih 2 tahun yakni sejak tahun 2020 yang lalu

Liputan6.com, Cilacap - Dicky Topan, bintang sinetron Si Entong meninggal dunia pada Kamis (7/07/22) di Rumah Sakit Mintohardjo Jakarta Pusat pukul 21.50 WIB.

Pemilik nama asli Dicky Lebrinato ini dikabarkan meninggal dunia karena pembengkakan pada jantungnya.

Diketahui juga Dicky mengidap penyakit jantung bengkak ini selama kurang lebih 2 tahun yakni sejak tahun 2020 yang lalu. Sebelum meninggal, Dicky Topan telah menjalani perawatan intensif sejak Senin (4/7/2022).

Apa itu Jantung Bengkak?

Dalam istilah medis, jantung bengkak disebut juga dengan kardiomegali. Ini merupakan kondisi ketika jantung Anda membesar bila dilihat dari tes pencitraan, seperti rontgen dada.

Jantung bengkak atau kardiomegali bukanlah suatu penyakit. Namun, ini adalah gejala atau tanda yang terkait dengan kondisi medis lain.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala dan Tanda Jantung Bengkak

Melansir alodokter.com, berikut ini adalah tanda dan gejala yang kerap ditemui pada sebagian penderita jantung bengkak:

1. Sesak napas, terutama saat beraktivitas atau ketika berbaring datar2. Aritmia atau gangguan irama jantung3. Tungkai dan kaki membengkak4. Berat badan bertambah karena pembengkakan5. Kelelahan6. Nyeri dada7. Palpitasi atau jantung berdebar-debar

Penyebab Jantung Bengkak

Ada beberapa penyebab jantung bengkak, antara lain:

1. Penyakit jantung bawaan2. Tekanan darah tinggi3. Kelainan otot jantung4. Anemia5. Penyakit jantung koroner6. Gangguan pada katup jantung7. Detak jantung tidak normal8. Kehamilan9. Jarang berolahraga10. Obesitas

Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.