Sukses

Viral Gadis Linglung di Salatiga, Begini Fakta Sebenarnya

Pesan yang tersebar melalui platform WhatsApp tersebut menuliskan bahwa seorang anak di Pos Pantau Ketupat di wilayah Salatiga dalam keadaan linglung dan tidak membawa identitas.

Liputan6.com, Salatiga - Belakangan ini masyarakat khususnya yang berada di Jawa Tengah dihebohkan dengan sebuah pesan siaran yang memberikan informasi tentang ditemukannya seorang wanita linglung. Pesan yang tersebar melalui platform WhatsApp tersebut menuliskan bahwa seorang anak di Pos Pantau Ketupat di wilayah Salatiga dalam keadaan linglung dan tidak membawa identitas.

“Sobat Polri, beredar pesan berantai terkait ditemukannya seorang anak di Pos Pantau Ketupat di wilayah Salatiga dalam keadaan linglung dan tidak membawa identitas, kami menyatakan bahwa informasi tersebut TIDAK BENAR / HOAX.” tulis pihak Humas Polda Jateng.

Selain itu Polda Jateng juga mengimbau agar masyarakat tidak meneruskan pesan berantai tersebut, agar hoax tidak semakin menyebar. 

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak meneruskan informasi tersebut.” tulisnya pada unggahan yang sama.

Selain pesan siaran yang bertuliskan wanita tersebut berada di Salatiga, juga beredar berita serupa dengan potret sama yang menuliskan bahwa wanita tersebut berada di Pos Pantau Ketupat BSD Karanglewas Purwokerto. Namun pihak kepolisian juga mengatakan bahwa di lokasi Karanglewas tidak ada pos pelayanan. Bahkan seluruh pos pelayanan yang berlokasi di Banyumas juga telah melaporkan bahwa tidak ada wanita linglung yang dimaksud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.