Sukses

Mengenal Lokananta, Studio Musik Pertama di Indonesia yang Melahirkan Para Maestro

Diinisiasi oleh Direktur Radio Republik Indonesia, R. Maladi, diketahui bahwa Lokananta adalah studio musik pertama di Indonesia.

Liputan6.com, Solo - Lokananta adalah studio musik yang didirikan di Solo tahun 1956 tepatnya pada tanggal 29 Oktober. Diinisiasi oleh Direktur Radio Republik Indonesia, R. Maladi, diketahui bahwa Lokananta adalah studio musik pertama di Indonesia. 

Pada saat awal dibangun, Lokananta memiliki fungsi menyuplai bahan siaran untuk Radio Republik Indonesia (RRI) sebanyak 26 stasiun. Tapi seiring berjalannya waktu kini Lokananta menjadi Perusahaan Negara serta berkembang menjadi label rekaman yang berfokus pada karya lagu daerah, pertunjukan seni, dan penerbitan buku/majalah. Kegiatan tersebut  disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 215 Tahun 1961. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyimpan Aset Sejarah

Studio Lokananta menyimpan banyak aset sejarah Indonesia, salah satunya  master dan piringan hitam yang berisikan pembacaan ulang teks proklamasi Bung Karno. Melansir dari laman surakarta.go.id, nama Lokananta semakin dikenal masyarakat sejak melakukan  perekaman ulang lagu Indonesia Raya tiga stanza, di tahun 2017. Proses penggarapan rekaman ulang ini melibatkan puluhan putra-putri Tanah Air yang merupakan alumni Gita Bahana Nusantara Orkestra, di bawah naungan Kemendikbud, dengan arahan dari Purwacaraka yang melibatkan pencipta lagu kebangsaan, Kusbini. 

Diketahui bahwa sebelumnya lagu Indonesia Raya direkam oleh orang Belanda, Josef Kleber di RRI pada tahun 1950. Hingga saat ini master asli dari lagu tersebut juga masih disimpan dalam studio Lokananta.

3 dari 3 halaman

Melahirkan Maestro

Lokananta pada masanya sempat menjadi studio musik populer yang melahirkan musisi-musisi legendaris seperti Bing Slamet dan Lilis Suryani. Bahkan sang maestro keroncong, Gesang juga melahirkan karya bersama Lokananta. 

Saat ini studio musik tersebut juga menjadi sebuah museum yang dapat didatangi oleh publik. Jika tertarik untuk berkunjung sobat Liputan6 dapat langsung menuju Jalan Ahmad Yani, Nomor 379. Untuk jam operasional dari Lokananta yakni Senin-Jumat pukul 09.00-11.30 WIB, dan berlanjut pada pukul 12.30-15.00 WIB. Sedangkan, pada hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini