Sukses

Top 3 Islami: Malam 1 Suro Amalan Pelebur Dosa Diungkap Gus Baha, Doa Awal Tahun

Ada berbagai amalan yang bisa dilakukan pada malam 1 Suro atau 1 Muharram. Ulasan ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (6/7/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Kini kita sudah memasuki tahun baru Islam, 1 Muharram 1446 Hijriyah. Dalam kalender nasional, 1 Muharram jatuh pada Minggu, 6 Juli 2024.

Muharram dalam penanggalan Jawa disebut Suro. Sementara, pergantian tahun terjadi pada petang (malam) hari, sehingga populer disebut malam 1 Suro.

Ada berbagai amalan yang bisa dilakukan pada malam 1 Suro atau 1 Muharram. Ulasan ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (6/7/2024).

Artikel kedua yang juga menyita perhatian adalah juga masih tentang malam 1 Suro, yakni amalan pelebur dosa, yang dijelaskan oleh Gus Baha.

Sementara, artikel ketiga terpopuler yaitu doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jangan Sampai Terlewat! Ini Amalan Terbaik Malam 1 Suro, Perspektif Islam

Umat Islam sebentar lagi akan meninggalkan tahun 1445 H dan memasuki tahun baru Islam yakni 1 Muharram 1446 H.

Dalam kalender hijriyah 1 Muharram itu sama dengan 1 Suro dalam kalender Jawa. Pun demikian perihal pergantian harinya juga sama yakni ketika matahari tenggelam dan bulan muncul di ufuk timur.

Berdasarkan rilis Kementerian Agama 1 Muharram 1446 bertepatan dengan Minggu, 7 Juli 2024. Jadi, pada Sabtu malam, 6 Juli 2024, kita sudah memasuki malam tahun baru Islam.

Islam mengajarkan amalan-amalan di bulan Suro atau Muharram yang dapat juga dilaksanakan di malam 1 Suro atau 1 Muharram. Berikut ini beberapa amalannya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Amalan Penghapus Dosa di Malam 1 Suro atau Muharram dari Gus Baha, yang Lalu dan Akan Datang

Ulama zuhud yang merupakan Pengasuh Ponpes LP3iA, Narukan, Rembang, Jawa Tengah yakni KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengijazahkan amalan yang dilakukan di malam 1 Suro atau 1 Muharram.

Amalan yang dikemukakan santri kinasih Mbah Moen ini ialah seputar amalan penghapus dosa. Baik dosa tersebut dilakukan secara tidak sengaja ataupun yang terang-terangan.

Sebagaimana kita ketahui, bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah dan kalender Jawa yang disebut sebagai bulan Suro.

Sebagai salah satu bulan mulia dalam Islam, tentu saja dalam bulan ini baik sekali sebagai momentum meningkatkan amal ibadah.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Doa Awal Tahun Baru Islam 1446 Hijriah dan Keutamaannya, Baca Ba’da Maghrib Hari Ini Sabtu 6 Juli 2024

Berdasarkan kalender Hijriah yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) RI, tahun baru Hijriah jatuh pada Ahad, 7 Juli 2024. Pergantian tahun baru Islam terjadi pada Sabtu, 6 Juli 2024 petang yang bertepatan pada 29 Dzulhijjah 1445 H. 

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, muslim dianjurkan membaca doa. Doa awal tahun Hijriah dibaca sebanyak tiga kali ba’da Maghrib hari ini, dilakukan secara berjemaah atau sendirian.

Doa awal tahun Hijriah yang sering dibaca adalah yang dibagikan Habib Utsman bin Yahya dalam kitabnya Maslakul Akhyar. Habib Utsman adalah seorang Mufti Jakarta abad ke-19-20 M.

Keutamaan Baca Doa Awal Tahun Hijriah

Para guru, kiai, ustadz di Indonesia sering menganjurkan membaca doa awal tahun dari Habib Utsman bin Yahya. Menurut KH Sholeh Darat, orang yang membaca doa awal tahun tersebut akan membuat umat Islam dari godaan setan.

“Barangsiapa membaca doa ini tiga kali di awal bulan Muharram setelah salat Maghrib, maka sesungguhnya setan itu mengucapkan bahwa anak Adam ini sudah aman dalam sisa umurnya selama tahun itu. Sebab Allah SWT memberikan asisten berupa dua malaikat untuk menjaganya agar tidak digoda setan,” demikian dikutip dari NU Online, Jumat (5/7/2024). 

Berikut bacaan doa awal tahun Hijriah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya. Semoga dapat diamalkan.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.