Sukses

Malaikat Hormat dan Rendahkan Diri di Depan Golongan Ini, Siapa Mereka?

Beruntungnya orang ini, malaikat beri hormat kepada mereka. Siapa mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Beruntunglah orang-orang ini, karena malaikat akan memberikan penghormatan kepada mereka.

Ketika malaikat beri hormat, itu menandakan bahwa perilaku dan sikap orang-orang ini telah mencapai sesuatu yang berbeda dengan manusia lainnya.

Penghormatan yang diberikan oleh para malaikat kepada orang-orang ini telah memperkuat keyakinan bahwa kebaikan yang mereka lakukan telah melebihi harapan, lebih dari sekadar tindakan.

Dengan cara ini, malaikat hormat kepada orang-orang yang berjalan dengan tekun di jalan kebenaran, meskipun penuh dengan rintangan dan cobaan.

Mereka yang menerima penghormatan semacam ini diberikan bukti bahwa mereka diakui di alam spiritual, dan bahwa tindakan baik mereka tidak pernah sia-sia.

Lalu siapa orang-orang yang begitu dihormati oleh para malaikat? Apakah kita satu dari orang-orang tersebut?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inilah Orang yang Diberi Hormat Malaikat

Mengutip islampos.com, Imam Al-Muzani rahimahullah berkata,

“Allah menciptakan makhluk dengan kehendak-Nya, bukan karena Allah butuh pada makhluk. Allah menciptakan malaikat seluruhnya untuk taat kepada-Nya. Dan Allah menjadikan tabiat (malaikat) itu adalah beribadah kepada-Nya.

Di antara malaikat itu ada yang (bertugas) dengan kemampuannya memikul ‘Arsy. Sebagian lagi bertasbih di sekitar ‘Arsy.

Yang lain mensucikan-Nya dengan memuji-Nya. Allah memilih di antara mereka (malaikat) sebagai utusan kepada utusanNya. Sebagian lagi mengatur urusan-urusan lain sesuai perintah-Nya.”

Meski demikian, malaikat ternyata sangat menaruh hormat pada orang yang belajar ilmu agama.

Dalam hadits dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu ‘anhu disebutkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ

“Sesungguhnya malaikat meletakkan sayapnya sebagai tanda ridha pada penuntut ilmu.” (HR. Abu Daud, no. 3641; Ibnu Majah, no. 223. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

3 dari 3 halaman

Ini yang Dilakukan Malaikat Kepadanya

Kata para ulama, hadis tersebut menyebutkan bahwa para malaikat itu merendahkan diri di hadapan penuntut ilmu dan menaruh hormat padanya.

Ada ulama pula yang mengungkapkan bahwa yang dimaksud adalah malaikat itu mendoakan para penuntut ilmu karena membentangkan sayap sama seperti membentangkan tangan untuk berdo’a. Sebab sayap burung adalah ibarat tangan pada kita.

Ibnul Qayyim juga menjelaskan dalam Miftah Dar As-Sa’adah (1: 63) bahwa malaikat meletakkan sayapnya sebagai bentuk merendahkan dirinya pada penuntut ilmu serta sebagai bentuk penghormatan dan pemuliaan karena penuntut ilmu telah membawa warisan nabi.

Maka bisa kita simpulkan bagaimanakah kemuliaan dan kedudukan seorang penuntut ilmu (agama) di hadapan para malaikat.

Di sini juga mengajarkan pada kita untuk menaruh hormat pada setiap orang yang mempelajari ilmu agama seperti para penghafal Al-Qur’an, para pelajar hadits nabawi, dan yang mendalami ilmu agama lainnya. Wallahu A’lam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.