Sukses

Saat Malaikat Israfil Telah Meletakkan Sangkakala Kiamat di Mulutnya, Ini Pesan Rasulullah

Apabila kiamat belum tiba, apa tugas Malaikat Israfil apa? Saat ini, ternyata malaikat Israfil telah meletakkan sangkakala di mulutnya. Dahinya juga sudah memengernyit dan bersiap meniupnya, sembari menunggu perintah Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Malaikat Israfil memiliki tugas yang sangat agung, yakni meniup sangkakala kiamat. Ketika sangkakala kiamat ditiup, maka seluruh makhluk bernyawa akan mati dan hancurlah alam semesta dengan berbagai kejadian dahsyat yang mengerikan.

Dalam berbagai riwayat, Malaikat Israfil meniup sangkakala kiamat sebanyak tiga kali. Tiupan pertama sebagai tanda kiamat telah tiba, tiupan kedua mematikan makhluk, dan yang ketiga membangkitkan makhluk yang lantas akan dimintai pertanggungjawabannya.

Banyak yang bertanya, apabila kiamat belum tiba, tugas Malaikat Israfil apa?

Saat ini, ternyata malaikat Israfil telah meletakkan sangkakala di mulutnya. Dahinya juga sudah memengernyit dan bersiap meniupnya, sembari menunggu perintah Allah SWT.

Hal itu menunjukkan bahwa kiamat sudah dekat. Situasi ini membuat Rasulullah tak bisa bersenang-senang (tenang) dan meminta umatnya untuk bersiap.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadis Israfil Letakkan Sangkakala Kiamat di Mulutnya

Seperti dikutip Kanal Islami Liputan6.com dari kitab al-Bidayah wa al-Nihayah (1/103) via NU Online, Ibnu Katsir menyuplik hadis yang diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri ra yang berbunyi:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : كيف أنعم ، وصاحب القرن قد التقم القرن ، وحنى جبهته ، وانتظر أن يؤذن له ؟ قالوا : كيف نقول يا رسول الله ؟ قال : قولوا : حسبنا الله ونعم الوكيل على الله توكلنا . رواه أحمد ، والترمذي من حديث عطية العوفي ، عن أبي سعيد الخدري

Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :

“Bagaimana aku dapat bersenang-senang sedangkan malaikat yang ditugaskan meniup sangkakala telah meletakkan sangkakala pada mulutnya dan mengernyitkan dahinya siap melakukan tiupan sambil menunggu perintah.”Sahabat yang hadir berkata: “Wahai Rasululloh, apa yagg harus kami ucapkan?” Rasululloh bersabda: “Ucapkanlah: hasbunalloh wani’mal wakiil, ‘alallohi tawakkalnaa” (HR Ahmad dan Turmudzi )

3 dari 3 halaman

Makna Menurut al-Tirmidzi

Mengutip laman yang sama, meletakkan sangkakala pada mulut dan siap mendengarkan perintah dari Allah adalah yang sedang dilakukan oleh Malaikat Israfil saat ini. Kedua hal itu adalah ibadahnya Malaikat Isrofil bahkan itulah taklif Allah untuknya.

Kok tidak capek? Itulah keunikan malaikat, karena tak memiliki nafsu, maka mereka tidak bisa memberontak dan protes kepada Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya. Mereka dengan mudah dan sangat total dalam menjalankan perintah Allah.

Dalam kitab Tuhfatu al-Ahwadzi Syarah Sunan al-Tirmidzi dijelaskan:

واستمع الإذن متى يؤمر بالنفخ فينفخ وفي رواية الترمذي في التفسير : وحنى جبهته وأصغى سمعه ينتظر أن يؤمر أن ينفخ . والظاهر أن كلا من الالتقام والإصغاء على الحقيقة وأنه عبادة لصاحبه بل هو مكلف ب

“Ketika ia (Israfil) mendapatkan izin, ketika ia diperintahkan untuk meniup sangkakala, maka ia akan meniupkannya. al-Tirmidzi meriwayatkan dalam kitab tafsirnya dengan redaksi “Dahinya mengkerut, dan menunggu diperintahkan untuk meniupnya. Yang jelas, bahwasanya semua baik meletakkan sangkakala pada mulutnya dan menunggu perintah adalah atas dasar hakikat bahwa sesungguhnya pekerjaan itu adalah ibadah bagi malaikat Israfil bahkan merupakan taklif dari Allah SWT kepada-nya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.