Sukses

Doa Menghilangkan Rasa Malas agar Kembali Semangat Usai Libur Panjang Lebaran

Bacaan doa untuk menghilangkan rasa malas agar kembali semangat beraktivitas sesuai yang dianjurkan oleh rasulullah saw.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, sejumlah ruas jalan sudah mulai dipadati kendaraan. Para pemudik berdatangan dari tanah rantau untuk kembali bekerja setelah cuti libur lebaran Idul Fitri 2024 usai.

Mayoritas orang terlena dengan libur panjang, sehingga merasa malas dan tidak bersemangat untuk menghadapi rutinitas kerja kembali. Padahal hari pertama kerja adalah awal baik dan bagus untuk meningkatkan produktivitas.

Mungkin kita perlu kembali mengingat wasiat dari Rasulullah perkara dua hal yang sering dilalaikan oleh manusia dalam hidup yaitu kelalaian sehat dan waktu yang luang.

Rasa malas yang terus menerus dipupuk akan membuat diri semakin tidak bersyukur apalagi malas dalam beribadah dan berbuat ketaatan. Semoga kita terhindar dari sifat buruk tersebur.

Lantas, adakah doa dari Rasulullah untuk menghilangkan rasa malas agar kembali semangat beraktifitas? Jawabannya ada, berikut bacaan doanya dikutip dari laman NU Online Jatim.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Menghlilangkan Rasa Malas

Sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah memohon perlindungan dengan berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit. 

Demikian doa untuk mengilangkan rasa malas, semoga kita selalu dilindungi Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala hal yang menyebabkan malas melakukan ketaatan. Wallahu a‘lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.