Sukses

Naudzubillah.. Inilah Golongan Manusia yang Diusir dari Telaga Kautsar di Hari Kiamat, Siapa Mereka?

Salah satu fasilitas surga ialah telaga kautsar yang dalam terminologi Arab disebut dengan haudlul kautsar. Namun, berdasarkan riwayat, ada golongan manusia yang diusir dari telaga kautsar, siapakah mereka?

Liputan6.com, Cilacap - Salah satu fasilitas di kehidupan setelah dunia fana ialah telaga kautsar yang dalam terminologi Arab disebut dengan haudlul kautsar. Namun, berdasarkan riwayat, ada golongan manusia yang diusir dari telaga kautsar, siapakah mereka?

Sebagai informasi, telaga kautsar merupakan sebuah telaga yang begitu besar yang terletak di Padang mahsyar. Telaga ini memang disediakan untuk Rasulullah SAW dan para umatnya.

Berdasarkan riwayat, memiliki kesempatan meminum air telaga ini merupakan salah satu anugerah yang besar di hari kiamat dan fase-fase berikutnya yang tak kalah mencekam.

Pasalnya, air telaga ini memiliki khasiat yang dahsyat. Salah satunya peminumnya tidak akan merasa kehausan selamanya. Adapun manusia yang pertama kali meminum air telaga kautsar ialah Rasulullah SAW.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golongan Manusia yang Diusir dari Telaga Kautsar: Munafik dan Murtad

Menukil Liputan6.compada hari kiamat nanti, dalam tahapan akhir akan ada manusia yang mendapatkan kesempatan minum di Telaga Kautsar namun ada juga yang diusir ketika mendekatinya. 

Diusirnya golongan manusia yang mendekati Telaga Kautsar ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, yang artinya : 

“Aku lebih dahulu dibanding kalian (sampai) di telaga. Ditujukkan kepadaku (tentang telaga itu) beberapa orang di antara kalian. Ketika aku akan mengambilkan minuman untuk mereka dari telaga, mereka dijauhkan dariku. Lantas aku bertanya kepada Tuhanku : ini adalah umatku (mengapa dijauhkan ?). Lalu Allah berfirman : engkau sebenarnya tidak mengetahui bid’ah yang mereka buat sesudahmu.” (HR Muslim).

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim menjelaskan para ulama saling berbeda pendapat tentang orang-orang yang diusir dari Telaga Kautsar.

Golongan pertama yang diusir dari Telaga Kautsar yakni orang-orang yang munafik dan murtad. Mereka berkumpul di telaga layaknya burung-burung puyuh berkumpul. Kemudian Nabi memanggil mereka dikarenakan melihat sisa-sisa keislaman yang ada pada mereka.

Kemudian (Allah) menegur Nabi, lalu berkata: "Mereka itu adalah orang yang meninggalkan agama mereka setelah engkau (meninggal), atau mereka yang mati namun belum kembali berislam lagi."

3 dari 3 halaman

Murtad Setelah Rasulullah Wafat, Pelaku Maksiat dan Dosa Besar

Golongan yang diusir dari Telaga Kautsar kelak adalah golongan yang muslim pada saat Nabi Muhammad hidup, namun keluar islam ketika Rasulullah wafat.

Nabi Muhammad SAW. memanggil golongan ini, namun tidak ada bekas-bekas wudhu yang terpancar dari mereka sebagaimana yang dikenali semasa dulu. Kemudian dikatakan juga pada Rasulullah : “Mereka murtad setelah engkau (meninggal).

Orang bermaksiat dan pendosa besar, dalam hadis dikatakan bahwa mereka terusir dari Telaga Kautsar hanya sekedar hukuman saja. Mereka tidak sampai masuk ke neraka. Bisa jadi Allah SWT merahmati mereka, lantas memasukkan mereka dalam surga tanpa siksaan.

Bisa jadi pula mereka memiliki tanda bekas wudhu pada wajah, kaki, dan tangan. Bisa jadi pula mereka hidup di zaman Rasulullah dan setelah itu, akan tetapi beliau mengenal mereka dengan tanda yang mereka miliki.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.