Sukses

Perantau Sulsel di Banjarmasin Jalin Silaturahmi dan Berbagi

Warga Sulawesi Selatan, yang tergabung dalam paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar Ramadan Berbagi.

Liputan6.com, Banjarmasin Jauh dari kampung halaman, menjalani hari demi hari termasuk di bulan Ramadan 1445 Hijriah menjadi suasana yang tentu berbeda sebab saling berjauhan dengan sanak keluarga. Demikianlah yang dialami oleh warga Sulawesi Selatan, yang tergabung dalam paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel).

Meski demikian, dengan kekeluargaan paguyuban KKSS Kota Banjarmasin, mereka dapat menjalin silaturahmi sesama perantau sebagai momentum di bulan penuh berkah. Kesempatan ini juga dijadikan sebagai sarana ibadah lainnya dengan berbagi rezeki untuk sesama di tanah rantau.

Ratusan warga KKSS Banjarmasin menghadiri buka puasa bersama di kediaman pasangan suami istri, AKBP Haris dan drg. Hasnilawati di Kompleks Bersama jalan Pramuka Banjarmasin Timur. Kegiatan itu bertajuk Ramadan Berbagi, Raih Berkah, dan Pahala, ini dilaksanakan bersama dengan Pengurus Wilayah Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kalsel.

Kegiatan buka puasa besama itu juga menghadirkan puluhan anak yatim piatu dari Panti Asuhan Al Kahfi. Sabtu (23/3/2024). Diawali dengan sambutan-sambutan, Ketua KKSS Kota Banjarmasin Burhan yang diwakili oleh Pemassery, kemudian tuan rumah oleh AKBP Haris, diselingi penyerahan tali asih secara simbolis, selanjutnya mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh ustadz Febri dan buka puasa.

Ketua Panitia Ramadan Berbagi KKSS Banjarmasin, drg Hasnilawati mengatakan bahwa kegiatan diselenggarakan sekaligus perayaan hari anniversary pernikahan, juga sebagai ajang selamatan dari wisuda dokter umum sang putri. Rangkaian peringatan tersebut sebagai momentum mempertemukan sesama perantau dari Sulawesi Selatan.

"Dalam acara ini, kami mengundang anak panti asuhan dari Al Kahfi yang berjumlah 37 orang beserta 4 orang pengasuhnya untuk berbuka bersama sekaligus memberikan tali asih beserta sedikit donasi dari rangkaian kegiatan IWSS," ujar Hasnilawati.

Selain itu, Ia mengatakan rangkaian Ramadan Berbagi ini dilaksanakan dengan tiga kegiatan. Pertama berbagi paket kepada anak yatim piatu di dua panti asuhan, kedua buka puasa bersama yang sedang dilaksanakan, dan ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 29, yakni berbagi takjil di pinggir jalan Pramuka dan Sahur On The Road pada malam harinya.

Sementara itu Ketua IWSS, Andi Hariyani menyebut jika acara ini adalah sebagai ajang berbagi kepada para anak panti asuhan Al Kahfi yang sebelumnya telah melakukan kegiatan tersebut terhadap panti asuhan Asmaul Husna yang terletak di jalan Kuin Selatan, Kelurahan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Kedua yaitu Panti Asuhan Ibnu Ruslan As-Syafi'iyah di jalan Irigasi, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

"IWSS untuk harapannya semoga ajang berbagi ini terus kita lanjutkan karena IWSS ini juga bergerak di bidang sosial," ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Panitia yang juga sebagai Wakil Ketua KKSS kota Banjarmasin periode 2024-2029, Handayani menjelaskan pada kegiatan kolaborasi ini diharapkan bisa memperkuat kekeluargaan dan bisa berbagi lebih banyak lagi.

"Kegiatan berbuka bersama ini kalo kami lihat yang datang tidak hanya warga KKSS Kota Banjarmasin saja tetapi juga melibatkan se-Kalsel seperti Kotabaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu Hulu Sungai Tengah Hulu Sungai Selatan dan Rantau," ujarnya.

Kemudian, Dia juga berharap tidak hanya di tahun ini saja, semoga KKSS dan juga IWSS ini dapat memberikan kontribusi yang nyata buat masyarakat khusus untuk masyarakat Kalsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.