Sukses

Mengenal Tempat Ketiga di Akhirat Selain Surga dan Neraka, Siapa Penghuninya?

Dalam ajaran Islam, terdapat keyakinan tentang adanya tempat ketiga di akhirat yang disebut dengan "Al-A'raf".

Liputan6.com, Jakarta - Dua tempat setelah kiamat yang sangat familiar adalah surga dan neraka. Dua tempat yang sangat berseberangan sifat dan penghuninya.

Dalam ajaran Islam, terdapat keyakinan tentang adanya tempat ketiga di akhirat yang disebut dengan "Al-A'raf".

Al-A'raf adalah suatu tempat yang disebutkan dalam Al-Quran di Surah Al-A'raf (7:46-47), yang merupakan suatu dinding atau tempat yang memisahkan antara penghuni surga dan neraka.

Penduduk Al-A'raf adalah orang-orang yang memiliki kebaikan dan dosa yang seimbang dalam kehidupan dunia. Mereka tidak layak untuk masuk surga karena dosa-dosa mereka, namun juga tidak dihukum di neraka karena kebaikan mereka.

A'raf merupakan tempat penantian bagi penduduknya, di mana mereka menunggu keputusan Allah tentang nasib mereka di akhirat.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Al-A'raf Suatu Tempat Sementara

Beberapa ulama Islam memandang Al-A'raf sebagai suatu tempat sementara sebelum penduduknya diarahkan ke surga atau neraka, sementara pandangan lain menyatakan bahwa penduduk Al-A'raf akan mendapatkan kesempatan untuk masuk surga setelah menerima pengampunan atau penebusan dosa mereka.

Keyakinan tentang Al-A'raf mengingatkan umat Islam akan pentingnya menjaga keseimbangan antara kebaikan dan dosa dalam kehidupan mereka.

Ini juga menegaskan bahwa Allah adalah Maha Adil dan memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk mendapatkan pengampunan dan belas kasih-Nya.

Oleh karena itu, umat Islam diajarkan untuk melakukan amal saleh dan memperbaiki diri serta selalu berharap pada rahmat dan pengampunan Allah di akhirat.

 

3 dari 4 halaman

Berikut Penghuninya

Menukil alif.id, Allah berfirman yang artinya: “Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di atas A’raaf itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga: “Salaamun ‘alaikum”. Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya).

Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu.”

Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu”.

Dan orang-orang yang di atas A’raaf memanggil beberapa orang (pemuka-pemuka orang kafir) yang mereka mengenalnya dengan tanda-tandanya dengan mengatakan: “Harta yang kamu kumpulkan dan apa yang selalu kamu sombongkan itu, tidaklah memberi manfaat kepadamu.”

(Orang-orang di atas A’raf bertanya kepada penghuni neraka): “Itukah orang-orang yang kamu telah bersumpah bahwa mereka tidak akan mendapat rahmat Allah?” (Kepada orang mukmin itu dikatakan):

“Masuklah ke dalam surga, tidak ada kekhawatiran terhadapmu dan tidak (pula) kamu bersedih hati”. (al-‘A`rāf: 46-49)

 

4 dari 4 halaman

Ragam Pendapat Ulama

Para ulama ahli tafsir berbeda pendapat tentang Al- A’raf ini. Menurut sebagian ulama ada yang berbentuk gunung. Menurut yang lain adalah berupa gapura.

Siapa yang menempati A’rof ini? Al-Hafidz Ibnu Katsir berkata:

ﻭاﺧﺘﻠﻔﺖ ﻋﺒﺎﺭاﺕ اﻟﻤﻔﺴﺮﻳﻦ ﻓﻲ ﺃﺻﺤﺎﺏ اﻷﻋﺮاﻑ ﻣﻦ ﻫﻢ؟ ﻭﻛﻠﻬﺎ ﻗﺮﻳﺒﺔ ﺗﺮﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﻣﻌﻨﻰ ﻭاﺣﺪ ﻭﻫﻮ ﺃﻧﻬﻢ ﻗﻮﻡ اﺳﺘﻮﺕ ﺣﺴﻨﺎﺗﻬﻢ ﻭﺳﻴﺌﺎﺗﻬﻢ، ﻧﺺ ﻋﻠﻴﻪ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﻭاﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻭاﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﻏﻴﺮ ﻭاﺣﺪ ﻣﻦ اﻟﺴﻠﻒ ﻭاﻟﺨﻠﻒ ﺭﺣﻤﻬﻢ اﻟﻠﻪ

Para ulama ahli tafsir berbeda pendapat tentang siapa penghuni Al-A'raf ini? Keseluruhan pendapat hampir sama, yaitu orang yang sama antara pahala dan dosanya. Hal ini dijelaskan oleh Sahabat Hudzaifah, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud dan banyak ulama Salaf dan Khalaf. Semoga Allah merahmati mereka.

Menurut sebagian riwayat, pada akhirnya penghuni A’rf ini akan masuk surga setelah semua makhluk telah rampung berada di tempat masing-masing, surga atau neraka.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.