Sukses

20 Kata Bijak Islami tentang Kematian, Bekal Mempersiapkan Diri

Kumpulan kata bijak Islami tentang kematian sebagai bahan renungan diri

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan dunia tidak lain hanyalah permainan dan senda gurau saja. Semua bersifat fana termasuk kita manusia yang sudah pasti akan mengalami kematian

Dunia hanyalah persinggahan menuju alam akhirat yang abadi. Kematian merupakan rahasia sang Ilahi.

Bahkan umur pun tidak akan pernah bisa menjadi patokan atas datangnya kematian. Oleh karena selayaknya kita sebagai umat muslim harus mempersiapkan diri sebelum waktu itu datang. 

Kematian sudah tentu akan menjadi pemutus segala kenikmatan dunia. Kekayaan dan harta dunia tidak lagi dibutuhkan, yang terpenting hanyalah amal kebaikan yang bisa menjadi penolong kelak. 

Selain itu, melalui kata bijak Islami tentang kematian ini, semoga juga dapat memberikan pemahaman kepada diri seberapa pentingnya mempersiapkan amal baik untuk bekal di akhirat kelak.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Bijak Islami tentang Kematian, 1-10

Berikut 20 kata bijak islami tentang kematian mengutip dari berbagai sumber:

1. Kematian adalah yang termudah dari semua hal setelahnya dan yang tersulit dari semua hal sebelumnya.

2. Mungkin hari ini kita masih di sini, tapi besok belum tentu. Maka, jalanilah hidup ini dengan benar.

3. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

4. Dan kehidupan duniawi ini tidak lain hanyalah pengalihan perhatian dan hiburan. Dan memang, rumah yang sebenarnya adalah akhirat.

5. Kematian orang yang dicintai adalah pengingat bagi kita. Bagaimanapun, hidup adalah persiapan untuk harimu akan bertemu dengan Sang Pencipta.

6. Tidak ada jaminan sama sekali dalam hidup ini. Tapi kematianlah yang benar-benar menjamin segalanya. Tapi, mengapa kita masih saja terlalu sibuk memperhatikan hidup daripada kematian?

7. Jangan biarkan ada di antara kalian yang menginginkan kematian. Jika dia benar, maka dia mungkin meningkatkan perbuatan baiknya, dan jika dia berdosa, maka dia mungkin bertobat.

8. Tidak ada di antara kalian yang menginginkan kematian karena musibah yang menimpanya, tetapi jika dia harus melakukan sesuatu dia harus berkata: Ya Allah, pertahankan aku hidup selama hidup baik untukku dan matikanlah aku jika kematian lebih baik untukku.

9. Kematian bisa datang kapan pun, maka agar bisa meninggal sebagai seorang muslim, kamu juga harus selalu menjalani hidup setiap saat sebagai seorang muslim. Tidak ada waktu untuk nanti.

10. Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. 

 

3 dari 3 halaman

Kata Bijak Islami tentang Kematian, 11-20

11. Dan kehidupan duniawi ini tidak lain hanyalah pengalihan perhatian dan hiburan. Dan memang, rumah yang sebenarnya adalah akhirat.

12. Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kepada-Nya kita semua pasti akan kembali.

13. Jangan duduk diam karena memang kematian sedang mencarimu.

14. Manusia memang aneh. Dia berlari ke arah dunia yang tidak dapat dia tangkap, dan melarikan diri dari kematian yang takkan pernah bisa dia hindari.

15. Ada banyak hal yang dapat membantu kita di akhirat kelak, di antaranya seperti amalan-amalan selama di dunia hingga pahala ibadah yang kita lakukan.

16. Api neraka adalah kediamanmu, di mana kamu akan tinggal kecuali seperti yang Allah kehendaki. Sesungguhnya, Tuhanmu bijaksana dan mengetahui.

17. Kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi. Namun, kita sebagai hamba Allah SWT tidak akan pernah tahu kapan ajal menjemput hidup kita.

18. Menyia-nyiakan waktu itu jauh lebih berbahaya daripada kematian; karena menyia-nyiakan waktu itu akan memutuskan seseorang dari Allah dan hari akhirat, sementara kematian hanyalah memutuskan seseorang dari kehidupan dunia dan penghuninya.

19. Orang bilang berpikir tentang kematian adalah tanda depresi. Saya seorang muslim, dan bagi saya, mengingat mati itu adalah sebuah inspirasi

20. Di mana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meski kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kukuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.