Sukses

Top 3 Islami: Doa Malam Nisfu Sya'ban 2024, Niat Puasa Ayyamul Bidh, Maklumat ST Pusat Gus Iqdam

Ulasan mengenai doa malam Nisfu Sya'ban sendirian dan berjemaah menjadi salah satu artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (24/2/2024). Artikel kedua yang tak kalah menarik adalah niat dan tata cara puasa Ayyamul Bidh hari kedua Februari 2024

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam kini tengah menjalani hari-hari spesial, yakni pertengahan Sya'ban. Pada pertengahan Sya'ban, ada hari istimewa, Nisfu Sya'ban yang jatuh pada tanggal 15.

Nisfu Sya'ban 2024 jatuh pada hari Minggu 25 Februari 2024. Tanggal 15 sekaligus adalah puasa Ayyamul Bidh terakhir pada bulan Sya'ban.

Ada berbagai keutamaan malam nisfu Sya'ban. Salah satunya adalah waktu terkabulnya doa.

Ulasan mengenai doa malam Nisfu Sya'ban sendirian dan berjemaah menjadi salah satu artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (24/2/2024).

Artikel kedua yang tak kalah menarik adalah niat dan tata cara puasa Ayyamul Bidh hari kedua Februari 2024.

Sementara, artikel terakhir yakni info ST pusat: Gus Iqdam minta para garangan menghidupkan malam Nisfu Sya'ban.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Malam Nisfu Syaban 2024, Sendirian dan Berjemaah Lengkap Tata Caranya

Malam Nisfu Syaban merupakan salah satu waktu yang istimewa dalam Islam. Pada malam tersebut Allah SWT akan melihat dan memberikan pengampunan kepada makhluk-Nya yang tidak menyekutukan Dia dan bermusuhan dengan saudaranya.

“Allah SWT melihat kepada makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban, lalu memberikan ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali kepada orang yang menyekutukan Allah atau orang yang bermusuhan.” (HR at-Thabrani dan Ibnu Hibban)

Selain itu, malam Nisfu Syaban termasuk salah satu waktu mustajabnya doa. Umat Islam dianjurkan untuk berdoa pada malam tersebut. Berdoa di malam Nisfu Syaban akan dikabulkan.

“Apabila tiba malam nisfu Sya’ban, maka Malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun, maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu, maka aku berikan permintaannya.” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman via NU Online).

Doa yang dibaca pada malam Nisfu Syaban boleh apa saja selagi maslahat sesuai keinginan masing-masing muslim, mengingat berdoa di waktu tersebut mudah diijabah. Namun, doa khusus di malam Nisfu Syaban terdapat dalam Kitab Maslakul Akyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya.

Berikut ini bacaan doa malam Nisfu Syaban versi sendiri dan berjemaah lengkap dengan tata cara membacanya. Doa ini dibacakan pada Sabtu malam Minggu, 24 Februari 2024 atau bertepatan tanggal 15 Syaban 1445 H.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Niat dan Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh Syaban Hari Kedua, Sabtu 24 Februari 2024

Salah satu puasa yang dianjurkan setiap bulannya adalah puasa Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan pada pertengahan bulan dalam penanggalan kalender Hijriyah, yakni tanggal 13, 14, dan 15.

Disebut Ayyamul Bidh karena puasa tersebut dilakukan pada hari yang malamnya cerah terang benderang disinari rembulan. Rembulan tersebut selalu menyinari bumi sejak matahari terbenam sampai terbit kembali.

Anjuran melaksanakan puasa Ayyamul Bidh dapat ditemukan di beberapa riwayat. Salah satunya hadis yang diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan radhiyallahu anhu. Ia berkata,

“Rasulullah SAW telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online).

Hari ini, Sabtu 24 Februari 2024, merupakan puasa Ayyamul Bidh Syaban 1445 H hari kedua. Bagi umat Islam yang ingin mengamalkannya, berikut Liputan6.com bagikan niat puasa Ayyamul Bidh dan tata caranya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Info Pusat Sabtu 24 Februari 2024, Gus Iqdam Minta Garangan Hidupkan Malam Nisfu Sya'ban, Caranya Begini

Sabtu 24 Februari 2024, umat Islam menjalani satu hari spesial, yakni malam Nisfu Sya'ban. Nisfu Sya'ban atau 15 Sya'ban sendiri jatuh pada Minggu 25 Februari 2024.

Malam Nisfu Sya'ban berlangsung pada Sabtu malam hingga Minggu (25/2/2024). Dalam hal ini, pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, Muhammad Iqdam Kholid alias Gus Iqdam meminta agar para garangan menghidupkan malam mulia ini.

Dalam pengajian rutin di ST Pusat, Gus Iqdam membeberkan keutamaan malam Nisfu Sya'ban. Ibadah di malam Nisfu Sya'ban setara dengan ibadah selama 400 tahun.

"Sampean gelem sholat, kamu mau mujahadah, kamu mau qiyamul lail, kamu mau sholat tahajud, itu bagi Allah lebih utama dari ibadah selama 400 tahun," jelasnya, dikutip dari chanel Gus Iqdam Official, Jumat (23/2/2024).

Keutamaan lain malam Nisfu Sya'ban lainnya adalah waktu mustajab untuk berdoa. Pada malam Nisfu Sya'ban, doa akan lebih mudah terkabul.

Karenanya, setelah beribadah, maka seseorang dianjurkan untuk berdoa. Yang punya utang berdoa agar bisa melunasi, yang punya masalah memohon agar cepat terselesaikan. Pun dengan yang masih jomblo, berdoa agar bisa segera mendapatkan jodoh.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.