Sukses

Yang Terjadi saat Pemuda Ngaku Nonmuslim demi Duit Gus Iqdam Minta Maaf di ST Pusat

Gus Iqdam nelangsa karena ditipu seorang pemuda yang mengaku nonmuslim, padahal beragama Islam. Pemuda itu mengaku nonmuslim diduga demi hadiah duit dari Gus Iqdam

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu ini, seorang pemuda viral gara-gara mengaku nonmuslim dalam dialog dengan Gus Iqdam, pada sebuah acara dalam rangkaian Harlah Sabilu Taubah, Blitar. Diduga dia mengaku nonmuslim karena ingin hadiah dari Gus Iqdam.

Belakangan diketahui, pemuda tersebut seorang muslim dan bukan tinggal di Bali, sebagaimana pengakuannya. Segera saja, pemuda itu menjadi buruan para garangan dan warganet atau ST Nyell yang geram.

Lantas, pemuda itu meminta maaf dan mendatangi markas ST Pusat. Tidak jelas kapan tanggal klarifikasi tersebut, yang pasti dari beberapa unggahan di platform media sosial TikTok, tayang foto yang dijadikan video seorang laki-laki diduga yang mengaku beragama Hindu bersama sejumlah orang di Markas ST Pusat.

Seperti unggahan TikTok @Sabilu Taubah Proaudio. Dalam unggahannya terlihat foto bersama antara laki-laki yang mengaku nonmuslim dari Bali. Padahal setelah ditelusuri dia adalah orang Blitar dan beragama Islam. Ada juga konon merupakan keluarganya, serta dai pihak Sabilu Taubah.

Tertulis dalam tayangan tersebut "Untuk masalah klarifikasi keluarganya sudah datang ke markas, tolong jangan diperpanjang lagi, karena mengganggu yang tidak bersangkutan'.,

Pembuat foto maupun video ingin masalah itu ditutup, seiring datangnya keluarga dan yang bersangkutan ke markas ST Pusat, dan sudah meminta maaf.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Repot, Dialog dengan Gus Iqdam Wajib Tunjukkan KTP

Sebelumnya beredar video garangan mencari yang bersangkutan hingga pukul 3 pagi, namun pencarian tersebut tidak membuahkan hasil.

Dalam video pencarian nampak santri Gus Iqam bernama Kentus, ia sosok yang selain menata tamu yang datang di pengajian, juga sebagai sosol yang mendata siapa saja yang akan diajak dialog oleh Gus Iqdam.

Dalam tayangan ungghan lainnya Kentus, menyhatakan bahwa gara-gara penipuan mengatasnamakan agama demi sangu tersebut kedepannya siapa saja yang dialog dengan Gus Iqdam maka akan ditanyakan terlebih dahulu identitasnya. Baik KTP maupun kartu keluarga, juga akte kelahiran, waduh gus, kaya mau ambil antrian sembako aja.

"Sesuk kon gowo KTP karo KK, atau akte kelahiran, harus valid. Bahaya ngaku-ngaku, guse nelongso diapusi," tandas Kentus.

Sebelumnya, beredar kabar viral tentang seseorang yang mengaku nonmuslim demi mendapatkan hadiah dari Gus Iqdam. Padahal, dia beragama Islam.

 

3 dari 4 halaman

Bohong di Depan Habib Bidin

Sontak kabar itu membuat para garangan, sebutan akrab untuk jemaah Gus Iqdam, geram. Apalagi garangan ini tersebar di mana-mana. Maka tak sulit mencari orang tersebut.

Dalam video yang beredar, demi mendapatkan hadiah uang dari Gus Iqdam ada seorang jemaah saat dialog dengan Gus Iqdam mengaku beragama Hindu. Padahal setelah ditelusuri identitasnya ternyata beragama Islam.

Kejadian itu terjadi saat Habib Bidin hadir sholawatan di Markas Sabilu Taubah saat acara Harlah ke 5 Majelis Ta'lim Sabilu Taubah kemarin.

Dalam tayangan TikTok akun @Slebeeoww, tampak tayangan seorang menggunakan kaus warna biru sedang memegang mikrofon, tampak seperti sedang dialog dengan Gus Iqdam, berlatar belakang ribuan jemaah.

Dalam tayangan TikTok tersebut, tertulis 'Dicari segera kaleh Gus Iqdam' yang artinya dicari segera oleh Gus Iqdam. Tulisan ini berwarna putih, berlatar belakang merah, seperti sebuah peringatan keras.

Selanjutnya dalam bahasa Jawa bertuliskan, 'Iki lo konsepe pye koq wani2ne ngapusi gus e, ki lo Agama Islam ngaku Agama Hindu. Omahe asli Sumberingin, Sanan Kulon, kog iso ngaku Bali, omahe. Wani ngapusi gus e iso kualat, dadi sempak yo mboh yo. Iki koncoku YouTube jaranan kudu isin pol cetok'.

 

4 dari 4 halaman

Garangan Cari yang Bersangkutan Sejak Jam 3 Pagi

Jika diartikan, kurang lebih 'Ingin menunjukkan jika laki-laki dalam foto tersebut telah menipu Gus Iqdam dengan mengaku beragam Hindu, yang alamatnya Sumberingin namun mengaku dari Bali'. Penulis menyatakan yang bersangkutan akan kualat karena telah menipu Gus Iqdam.

Dalam tayangan tersebut, pengunggah juga meminta agar postingan tersebut disebarkan agar pelaku bisa ditemukan.

Dalam video lain unggahan @Kang Anom, tampak santri-santri Gus Iqdam telah mencarinya sejak jam 3 pagi, namun gagal tidak menemukan yang bersangkutan.

Dalam unggahan tersebut disebutkan jika Gus Iqdam nelangsa karena ditipu jemaahnya.

Video mengenai laki-laki yang mengaku bernama I Gusti Kadek Dirgantara dari Bali, Nusa Dua ini viral. Dalam pengakuannya dirinya naik motor ke markas Sabilu Taubah.

Dalam kesempatan tersebut pria berbaju biru tersebut mendapat uang Rp2 juta.

Belum ada pernyataan resmi dari ST Pusat maupun Gus Iqdam tentang hal ini. Namun begitu, video ini masih bergulir kencang di berbagai linimassa.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.